Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkop & UKM Dorong Produk Mikro Banyumas Go International

Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan pasar rakyat, Banyumas Fair 2015, guna mendorong produk UMKM ke pasar nasional.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 22 Mei 2015  |  14:10 WIB
Kemenkop & UKM Dorong Produk Mikro Banyumas Go International
Perajin topi berbahan baku pandan untk diekspor - Antara
Bagikan

Bisnis.com, PURWOKERTO - Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Kementerian Koperasi  dan UKM menyelenggarakan pasar rakyat, Banyumas Fair 2015, guna mendorong produk UMKM ke pasar nasional.
Kegiatan tersebut menghadirkan pameran dan lomba puluhan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Banyumas.
Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan upaya ini dilakukan setelah sebelumnya pemda mendorong potensi seni budaya dan tradisi. Pihaknya berharap dapat menggenjot kualitas dan kuantitas produk UMKM lokal.
"Saya minta kegiatan ini bukan seremonial belaka tetapi benar-benar berkelanjutan, dinas terkait mesti mendata secara lengkap mana UMKM yang paling baik untuk terus dikembangkan dan dipasarkan," ujarnya di sela-sela pameran, Kamis (21/5/2015).
Ahmad mengatakan pihaknya akan mendorong produk UMKM agar mampu menembus pasar nasional. Di sisi lain, pengembangan sektor tersebut juga diharapkan dapat menyerap tenaga kerja.
"Kalau memungkinkan bahkan internasional," ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengadaan, Deputi bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM, Fundiartini, menuturkan kegiatan pameran produk UMKM dan pasar rakyat diharapkan dapat mengoptimalkan potensi produk mikro di Kabupaten Banyumas.
"Sehingga dapat menembus pasar nasional bahkan mendunia sehingga dapat mengurangi pengguran dan kemiskinan," ujarnya.
Karena itu, jelasnya, pelaku usaha mikro diharapkan juga dapat bermitra dengan koperasi untuk memudahkan permodalan dan pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah produk ukm
Editor : Bastanul Siregar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top