Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Kebangkitan Nasional: Mestinya Jadi Momen Konsolidasi Nasional

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei mestinya menjadi momen bagi terciptanya konsolidasi nasional.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 20 Mei 2015  |  12:16 WIB
Bendera Merah Putih
Bendera Merah Putih

Bisnis.com, JAKARTA --Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei mestinya menjadi momen bagi terciptanya konsolidasi nasional.

Ketua Program Pascasarjana Komunikasi Universitas Jayabaya, Lely Arrianie menyatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2015 yang jatuh pada hari ini, Rabu (20/5/2015) mestinya menjadi saat yang tepat bagi para tokoh nasional menunjukkan kenegarawanannya.

"Seharusnya peringatan Hari Kebangkitan Nasional dapat menjadi momentum konsolidasi nasional, bagi mereka tokoh yang mengaku dirinya seorang negarawan," kata Lely saat dihubungi, Jakarta, Rabu (19/5/2015).

Menurutnya, konteks Hari Kebangkitan Nasional di era penjajahan berbeda dengan masa kini. Dulu rakyat Indonesia menghadapi bangsa asing yang menjadi penjajah, sedangkan kini penjajah itu adalah orang atau kelompok dengan kepentingan politik yang sempit.

"Penjajah itu kini adalah jiwa-jiwa yang terbelanggu oleh kepentingan politik individu dan kelompok yang sempit, sehingga apapun yang dilakukan seringkali tidak mencerminkan bersatunya pikiran dan tindakan dalam berbangsa," ujarnya.

Lely memandang saat ini tidak sedikit tokoh yang menyebut dirinya anak bangsa, bahkan latah menyebut dirinya negarawan, tapi sikap dan perilaku politiknya tidak mencerminkan hal tersebut. Tokoh-tokoh itu menurut dia, patut mengambil momentum Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai pembuktian kenegarawanannya

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harkitnas
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top