Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HNSI: Riau Butuh Tambahan Tempat Pelelangan Ikan

Riau masih membutuhkan sejumlah tempat untuk pelelangan ikan yang mampu membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Untuk itu, Pemerintah didesak membangun tempat pelelangan ikan.
Nelayan/Antara
Nelayan/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Riau masih membutuhkan sejumlah tempat untuk pelelangan ikan yang mampu membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Untuk itu, Pemerintah didesak membangun tempat pelelangan ikan.

Ketua terpilih Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Riau Adriyan mengatakan sarana pelalangan ikan itu dibuat agar nelayan tidak menjual ikan di tengah laut kepada kapal-kapal besar, baik dari Indonesia ataupun kapal asing.

"Ikan di laut itu banyak yang tidak punya tarif. Nelayan sering menjualnya di tengah laut ataupun menukarkannya dengan barang-barang yang ada di Kapal. Jadi, HNSI Riau rencananya akan membuat sarana pelalangan ikan," katanya saat diwawancarai bisnis, belum lama ini. 

Dengan adanya sarana itu, diharapkan pendistribusian ikan laut juga lebih maksimal. "Kesejahteraan nelayan juga terbantu. Juga bisa menambah angka produksi ikan di Riau," tambahnya.

Selain itu, HNSi juga akan membangun koperasi nelayan agar biaya permodalan serta biaya operasional nelayan bisa terbantu.  "Karena koperasi nelayan dari HNSi Riau belum ada. Kita juga akan mengajak pihak perbankan serta pihak investor," kata Adriyan.

Adriyan menilai pemerintah belum mensejahterakan sekitar 300.000 nelayan yang ada di seluruh Riau. Menurutnya, harus terus menjaga harga komoditas ikan agar stabil.

"Menjaga kestabilan harga ikan, menyediakan atau mensubsidi pakan ikan, menjaga ekosistem ikan dan menjaga perusahaan agar tidak merusak lingkungan yang menjadi hama ikan," kata Adriyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper