Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Akan Tandatangani Pesan Bandung

Presiden Jokowi bersama kepala negara perwakilan dari Asia dan Afrika akan menandatangani Pesan Bandung sebagai salah dokumen yang dihasilkan Konferensi Asia Afrika (KAA).

Kabar24.com, JAKARTA--Presiden Jokowi bersama kepala negara perwakilan dari Asia dan Afrika akan menandatangani Pesan Bandung sebagai salah dokumen yang dihasilkan Konferensi Asia Afrika (KAA).

Yuri Octavian Thamrin, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, mengatakan Pesan Bandung akan ditandatangani oleh tiga kepala negara sebagai simbol dari komitmen peserta KAA untuk menindaklanjutinya.

“Memang dari tiga dokumen yang dihasilkan nanti, Pesan Bandung menjadi dokumen yang paling visioner, sehingga layak untuk ditandatangani oleh kepala negara,” katanya di JCC, Jakarta, Rabu (22/4).

Yuri menuturkan Pesan Bandung berisi beberapa sikap yang disepakati oleh peserta KAA terkait permasalahan yang ada saat ini. Pesan Bandung nantinya akan ditindaklanjuti dengan the New Asian African Strategic Partnership (NAASP) yang berisi mengenai langkah teknis untuk mengimplementasikan Pesan Bandung.

Menurutnya, NAASP berisi kerja sama apa saja yang dapat dilakukan oleh negara-negara peserta, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Kerja sama tersebut telah dibahas dalam senior officials meeting yang dilakukan pada 19 April 2015.

“Saya dalam senior officials meeting memang menantang para peserta untuk mengungkapkan kerja sama apa saja yang bisa ditindaklanjuti, dan dituangkan dalam NAASP,” ujarnya.

KAA sendiri akan menghasilkan tiga dokumen yang akan menjadi kesepakatan dan dideklarasikan pada perayaan ke-60 tahun event tersebut, yakni Pesan Bandung, deklarasi untuk menghidupkan kembali the New Asian-African Strategic Partnership (NAASP), dan deklarasi dukungan untuk Palestina.

Pesan Bandung akan berisi pesan yang visioner, mengedepankan kerja sama yang baru secara nyata, dan revitalisasi penguatan kemitraan Asia-Afrika pada solidaritas politik, kerja sama ekonomi, dan hubungan sosial-budaya sebagai tiga pilar utama.

Deklarasi untuk menghidupkan kembali NAASP akan mencakup penguatan solidaritas, persahabatan, dan kerja sama. Kemudian kajian ulang terhadap perkembangan kerja sama NAASP selama 10 tahun terakhir.

Sementara itu, deklarasi untuk mendukung Palestina akan memberikan dukungan secara konsisten terhadap pendirian Negara Palestina dan hak-hak dasar warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper