Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BIN: Insiden F-16 Tak Berkaitan dengan Pengamanan KAA

Badan Intelijen Negara (BIN) meminta insiden meledaknya F-16 dan jatuhnya personel Denjaka saat melakukan simulasi terorisme kemarin dikaitkan dengan lemahnya persiapan keamanan menjelang HUT KAA ke-60.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 17 April 2015  |  19:26 WIB
Sejumlah prajurit TNI AU berjaga di dekat badan pesawat tempur F16 yang terbakar di ujung landasan pacu Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/4). - Antara
Sejumlah prajurit TNI AU berjaga di dekat badan pesawat tempur F16 yang terbakar di ujung landasan pacu Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/4). - Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Badan Intelijen Negara (BIN) meminta insiden meledaknya F-16 dan jatuhnya personel Denjaka saat melakukan simulasi terorisme kemarin jangan dikaitkan dengan lemahnya persiapan keamanan menjelang HUT KAA ke-60.

Kepala BIN Marciano Norman mengatakan kecelakaan tersebut memang tidak diharapkan terjadi, tetapi karena terjadi menjelang persiapan 24 April, masyarakat melihat momen tersebut berkaitan. "Padahal tidak ada kaitannya dengan pengamanan KAA," katanya di Gedung Pakuan, Jumat (17/4/2015).

Menurutnya, TNI dan Polri sudah melakukan latihan-latihan yang bersifat rutin namun kebetulan kemarin terjadi insiden. Pihaknya menegaskan kondisi keamanan di Indonesia, Jakarta dan Bandung terpantau cukup baik dan aman.

"Saya optimistis peringatan KAA ini akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Disinggung soal adanya rencana aksi demo aktivis Fa Lun Gong saat KAA berlangsung, Norman meminta semua pihak menjadi tuan rumah yang baik dan tidak mengganggu jalannya acara yang sudah dipersiapkan matang.

Menurutnya, meski ada insiden tidak ada kepala negara yang meminta adanya pengamanan lebih khusus pada pemerintah Indonesia. "Mereka semua meminta ini berjalan lancar," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika f-16 terbakar
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top