Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SEJARAH JAKARTA:Asal Usul Nama Pasar Rebo Jakarta Timur

Pasar Rebo adalah sebuah kawasan yang cukup terkenal dan merupakan kecamatan di Jakarta Timur. Wilayah Pasar Rebo mencakup 5 kelurahan yaitu Kelurahan Pekayon, Kelurahan Kalisari, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Cijantung, dan Kelurahan Gedong.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 11 April 2015  |  17:00 WIB
Pasar Rebo, Jakarta Timur kini terkenal menjadi kawasan macet lalu lintas. - JIBI
Pasar Rebo, Jakarta Timur kini terkenal menjadi kawasan macet lalu lintas. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-Pasar Rebo adalah sebuah kawasan yang cukup terkenal dan merupakan kecamatan di Jakarta Timur.

Wilayah Pasar Rebo mencakup 5 kelurahan yaitu Kelurahan Pekayon, Kelurahan Kalisari, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Cijantung, dan Kelurahan Gedong.

Tentang asal usul nama Pasar Rebo dijelaskan oleh Zaenuddin HM, di dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012.

Menurutnya, nama Pasar Rebo diambil dari kebiasaan pasar itu buka, yakni pada masa lalu, terutama pada zaman kekuasaan kolonial Belanda, pasar itu dibuka hanya pada setiap Rabu dan hari-hari lain ditutup.

Masyarakat, khususnya orang-orang Betawi, menyebut Rabu menjadi Rebo, sehingga akhirnya kawasan tersebut disebut Pasar Rebo.

Demikian halnya beberapa tempat lain di Jakarta yang namanya merujuk pada hari dibukanya pasar, misalnya Pasar Minggu, Pasar Senen, dan Pasar Jumat.

Tetapi, sekarang pasar-pasar di kawasan Pasar Rebo sudah buka setiap hari, dan kehidupan masyarakatnya telah jauh berubah, seiring dengan perkembangan kota Jakarta.

Kini di wilayah Pasar Rebo terdapat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo Jakarta Timur, yang cukup besar dan telah menjadi tempat rujukan berobat untuk segala penyakit bagi masyarakat di wilayah Jakarta Timur


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar jakarta timur
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top