Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbudakan ABK Disebabkan Ego Sektoral Kementerian

Perbudakan anak buah kapal (ABK) yang terjadi di Benjina menunjukkan bahwa tata kelola ketenagakerjaan di Indonesia sangat buruk.n
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 08 April 2015  |  19:33 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA -- Perbudakan anak buah kapal (ABK) yang terjadi di Benjina menunjukkan bahwa tata kelola ketenagakerjaan di Indonesia sangat buruk.

Ketua Umum Organisasi Kesejahteraan Rakyat Poempida Hidayatullah menilai buruknya tata kelola tersebut disebabkan oleh adanya dualisme penanganan tenaga kerja ABK, yakni antara Kementerian Perhubungan dan Kementerian Ketenagakerjaan.

"Ego sektoral yang terbentuk sudah membuat situasi begitu sangat menyedihkan di mana kementerian enggan mengemban tanggung jawab saat terjadi masala," katanya dalam siaran pers yang diterima, Rabu (8/4/2015).

Menurutnya, perbudakan para ABK Indonesia yang berada di atas kapal-kapal asing yang berlayar di laut-laut lintas samudera dan lintas negara harus mendapat perhatian yang serupa dan seimbang.

"Para ABK adalah pejuang devisa yang mendapatkan deraan penderitaan yang begitu dahsyat dalam bentuk penganiayaan, gaji tidak terbayar, tidak ada akses pada komunikasi, dan jam kerja berlebih. Pemerintah harus berbenah," tegasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbudakan abk
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top