Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ICW Tolak Budi Gunawan Menjadi Wakapolri

Indonesia Corruption Watch (ICW) menolak Komjen Pol. Budi Gunawan, untuk menjadi calon Wakapolri yang akan mendampingi Komjen Pol Badrodin Haiti, jika Badrodin terpilih menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman nanti.
Komisaris Jenderal Pol. Budi Gunawan
Komisaris Jenderal Pol. Budi Gunawan

Kabar24.com, JAKARTA-- Indonesia Corruption Watch (ICW) menolak Komjen Pol. Budi Gunawan, untuk menjadi calon Wakapolri yang akan mendampingi Komjen Pol Badrodin Haiti, jika Badrodin terpilih menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman nanti.

Menurut Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch Emerson Yuntho, alasan pihaknya dengan tegas menolak Komjen Pol Budi Gunawan untuk menjadi Wakapolri, dikarenakan proses hukum terhadapnya masih berjalan sampai saat ini.

"Kita menolak karena proses hukum masih berjalan," tutur Emerson saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (6/4).

Karena itu ICW mengimbau kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk turun tangan langsung, jika Komjen Pol. Budi Gunawan dipilih menjadi Wakapolri.

Selain itu, ICW juga mengimbau kepada Presiden Jokowi untuk tidak memilih calon-calon yang dinilai bermasalah di kemudian hari.

"Sebaiknya Jokowi pilih calon yang tidak bermasalah," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Anton Charliyan tak menampik bahwa Komisaris Jenderal Budi Gunawan akan menjadi Wakapolri untuk mendampingi Komjen Badrodin Haiti, calon Kapolri saat ini.

Bahkan Anton mengatakan Kepala Lemdikpol tersebut merupakan salah satu kandidat Wakapolri terkuat di antara kandidat yang lain.

Kendati demikian, pemilihan Wakapolri harus melewati Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Nantinya Wanjakti itu yang menentukan layak tidaknya seorang calon Wakapolri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper