Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebijakan Jokowi Tanpa JK Tetap Sah

Petinggi partai Golkar menilai kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi Tanpa Melibatkan Wapres JK tetap sah secara konstitusi
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 05 April 2015  |  09:33 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wapres Jusuf Kalla berjalan menuju ruang rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/4/2015. - Antara/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wapres Jusuf Kalla berjalan menuju ruang rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/4/2015. - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA—Petinggi Partai Golkar menilai kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tanpa melibatkan Wapres Jusuf Kalla tetap sah secara konstitusi.

Poempida Hidayatullah, Ketua DPP Partai Golkar, pendapat dari Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Adhie M. Masardi yang menyatakan perlu adanya pelibatan wapres saat presiden menetukan kebijakan itu salah kaprah.

Sebelumnya, Adhir mengatakan ekspektasi publik soal Jusuf Kalla yang diyakini akan bisa menjadi mentor yang baik terhadap Joko Widodo tampaknya semakin pupus. “itu sangat tendensius,” kata Poempida dalam siaran persnya, Sabtu (4/4).

Menurutnya, jika memang kebijakan Pemerintah dilakukan oleh Jokowi tanpa melibatkan Jusuf Kalla, maka kebijakan tersebut tetap sah secara konstitusi. “Sejak Indonesia berdiri dan mempunyai Pemerintahan, sudah banyak sekali kebijakan Presiden yang diputuskan tanpa melibatkan Wapres.”

Bahkan pada zaman Presiden Habibie membuat kebijakan sendiri, karena memang tidak ada wapresnya. “Jadi, jika terjadi kesalahan pembuatan kebijakan dilakukan oleh Jokowi, tidaklah serta merta menjadi tanggung jawab Jusuf Kalla. Begitupun sebaliknya," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top