PERAYAAN PASKAH: Ribuan Umat Katolik Denpasar Rayakan Kamis Putih

Ribuan umat Katolik memadati Gereja Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar untuk mengikuti misa Kamis Putih.
Natalia Indah Kartikaningrum | 02 April 2015 20:45 WIB
Umat Katolik mengikuti misa Kamis Putih memperingati perjamuan malam terakhir di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/4). Umat Katolik dan Kristen di seluruh dunia merayakan tiga hari rangkaian Paskah untuk mengenang Yesus yang disalib, wafat, hingga kebangkitan Yesus. - Antara/Dewi Fajriani

Kabar24.com, DENPASAR--Ribuan umat Katolik memadati Gereja Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar untuk mengikuti misa Kamis Putih.

Pastor Kristianus Ratu dalam khotbahnya menyatakan Kamis Putih disebut juga dengan malam perjamuan terakhir Yesus bersama dengan murid-muridnya.

"Apa yang kita laksanakan ini bukanlah perjamuan ketidakpedulian atau kekecewaan atas perjamuan terakhir Yesus, namun merupakan perjamuan persaudaraan dan keakraban antara Yesus dengan muridnya," tuturnya, Kamis (2/4/2015). 

Dia menambahkan makna yang dapat diambil dalam perayaan ini adalah Yesus dengan cinta dan kasihnya yang begitu besar memberikan seluruh dirinya untuk keselamatan umatnya. 

Selain itu, dalam Kamis Putih ini ada juga prosesi pembasuhan kaki yang mana dengan pembasuhan kaki ini bermakna Yesus berani menanggalkan pakaian kebesarannya dan menunjukkan cinta secara total kepada muridnya. 

"Apa yang dilakukan atau dikerjakan oleh Yesus harus kita kerjakan juga sebagai muridnya. Semangat seperti inilah yang harus kita pegang dalam perjalanan kita ke depannya," paparnya.

Sementara itu, seperti dikutip dari Antara, Polres Magetan melakukan penyiran gereja jelang perayaan paskah.

Petugas Polres Magetan, Jawa Timur, menyisir sejumlah gereja yang ada di wilayah hukum setempat dalam rangka persiapan perayaan Hari Raya Paskah tahun 2015..

Kepala Satuan Sabhara Polres Magetan Kota AKP Supriyono, Kamis, mengatakan ada sekitar 63 gereja di wilayah Kabupaten Magetan, dari perkotaan hingga pelosok desa.

"Penyisiran di daerah Kota Magetan akan dilakukan oleh petugas polres, sedangkan di daerah perdesaan diserahkan oleh petugas polsek. Hal ini untuk menjaga kelancaran proses perayaan Paskah yang mulai berlangsung hari Kamis ini hingga Minggu (5/4) mendatang," ujar AKP Supriyono.

Menurut dia, sejumlah gereja yang mendapat pengamanan dan penyisiran intensif antara lain Gereja Katolik Regina Pacis Magetan dan beberapa gereja lainnya.

Adapun, penyisiran pada Kamis sore dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi logam. Dengan alat tersebut, petugas polres setempat dengan teliti memeriksa seluruh bagian ruangan dan bangunan luar gereja.

Di Jakarta, Masjid Istiqlal, Jakarta menyediakan lahan seluas 4,5 hektare untuk parkir jemaat Gereja Katedral selama Tri Hari Suci dan perayaan puncak Paskah yang berlangsung dari Kamis (2/4) hingga Minggu (5/4).

"Kami menyediakan parkir lebih luas dari biasanya, yaitu hingga 4,5 hektare untuk membantu jemaat Katedral yang ingin beribadah dari Kamis hingga Minggu," kata Humas dan Protokoler Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, Kamis.

Abu mengatakan luas parkir Masjid Istiqlal memang 4,5 hektare, tetapi selama ini berkurang karena ditempati oleh pedagang kaki lima.

Dalam perayaan Paskah 2015, pihaknya menggeser pedagang kaki lima ke lokasi lain agar lahan parkir dapat digunakan seluruhnya.

Pengurus Istiqlal, ujar dia, telah mempersiapkan lahan parkir tersebut sejak Rabu (1/4) malam dan rencananya hingga Minggu (5/4) malam.

Abu menuturkan, Istiqlal juga membantu dari segi lalu lintas, yakni menurunkan semua penjaga parkir untuk mengawasi keamanan kendaraan serta membantu jemaat Katedral menyeberang. 

Tag : bali, paskah
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top