Hindari Korupsi, Gubernur Sumbar Dukung Parpol Didanai Pemerintah

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mendukung wacana bantuan Rp1 triliun kepada partai politik oleh pemerintah, karena dianggap akan meminimalisir potensi korupsi.
Heri Faisal | 17 Maret 2015 01:55 WIB
Bantuan Rp1 triliun kepada partai politik oleh pemerintah dianggap akan meminimalkan potensi korupsi. -

Kabar24.com, PADANG—Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mendukung wacana bantuan Rp1 triliun kepada partai politik oleh pemerintah, karena dianggap akan meminimalisir potensi korupsi.

Dia mengakui selama ini kader partai yang mendapat posisi strategis seperti kepala daerah atau anggota dewan perwakilan rakyat rentan dipungut parpol sebagai dana operasional.

Begitu juga ketika kader parpol akan bertarung dalam pilkada, mengeluarkan banyak anggaran. Kondisi itu rentan membuat kader melakukan korupsi untuk mengembalikan anggaran yang sudah dikeluarkan.

“Selama ini, parpol rentan memungut uang kepada kader yang duduk di posisi strategis, sehingga rentan pula menyebabkan terjadinya korupsi,” katanya, Senin (16/32015).

Menurutnya, jika parpol dibiayai oleh negara, maka besar kemungkinan mendapatkan kader-kader terbaik. Dan kader juga tidak perlu mencari biaya untuk kegiatan politik melalui cara yang ilegal.

 

 

Tag : parpol, sumbar
Editor : Setyardi Widodo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top