Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIAPA PEMBUNUH JANDA MUDA? Polisi Endus Keterlibatan Orang Dekat Tari Arizona

Siapa pembunuh janda muda, Tari Arizona, masih menjadi misteri bagi polisi. Proses penyelidikan Kepolisian Resor Pontianak mulai diarahkan menggali keterangan dari para kerabat dekat korban yang berusia 25 tahun itu.
Ilustrasii pembunuhan/thailandlaw.org
Ilustrasii pembunuhan/thailandlaw.org

Kabar24.com, JAKARTA - Siapa pembunuh janda muda, Tari Arizona, masih menjadi misteri bagi polisi. Proses penyelidikan Kepolisian Resor Pontianak mulai diarahkan menggali keterangan dari para kerabat dekat korban yang berusia 25 tahun itu.

Beberapa di antaranya pria yang terekam dalam closed ciruit television dan pria yang kerap mengantarnya bekerja.

Menurut Kriminolog Universitas Indonesia, Erlangga Masdiana, aksi pembunuhan sadis acapkali berhubungan dengan orang-orang dekat korban.

Mereka sengaja melakukan itu guna menutupi jejak perbuatannya. Berikut beberapa kasus pembunuhan sadis yang sempat mengemuka, memang tak jauh dari peran kerabat dekat mereka. Ini contohnya:

1. Jagal dari Jombang

Very Idham Henyansyah, warga Jombang, Jawa Timur, atau dikenal dengan panggilan Ryan merupakan pelaku kasus pembunuhan berantai. Total korbannya berjumlah sebelas orang yang tersebar di Jakarta dan Jombang. Kasusnya mulai terungkap pada tahun 2008. Korbannya yang terakhir, Heri Santoso, dimutilasi lantaran menawarkan uang untuk berhubungan badan dengan pacar Ryan, Noval. Di pengadilan, ia divonis hukuman mati.

2. Mayat dalam Bus Mayasari

Aksi yang dilakukan Ryan menjadi inspirasi bagi Sri Rumiyati. Ia tega memutilasi suaminya, Hendra, lantaran kerap mengalami kekerasan fisik. Wanita asal Dusun Kupen, Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah, ini juga menuding Hendra suami yang pelit dan cenderung memperhatikan kebutuhan istri ketiganya. Yati gelap mata. Ia memutilasi dan membuang potongan tubuh suaminya di dalam bus kota.

3. Mayat Mutilasi di Rawamangun

Pembunuhan yang terjadi pada tahun 1989 itu merupakan kasus mutilasi pertama di Indonesia. Tubuh Ny. Diah, ditemukan di depan Kampus IKPI, Rawamangun, dalam kondisi terpotong tujuh. Raut wajahnya rusak dan sulit dikenali. Belakangan diketahui perbuatan sadis itu dilakukan suami korban, Agus Naser Atmadiwirja. Agus mengaku kesal lantaran sering dimarahi Diah. Pembunuhan itu juga dilatari oleh Diah yang mulai mengendus keberadaan istri mudanya.

4. Korban Terpotong di Tol Cawang

Kasus mutilasi yang nyaris serupa dilakukan Benget Situmorang. Bedanya, yang berselingkuh bukan pelaku. Ia memutilasi istrinya, Darna Sri Astuti, lantaran diduga bermain mata dengan pria lain. Potongan tubuh istrinya dibuang di enam titik, sepanjang jalan tol Cawang menuju Cikampek. Aksi sadistis itu berhasil terungkap setelah polisi menerima laporan dari kerabat korban yang sempat menyaksikan Benget membuang sesuatu di jalan tol.

5. Istri Siri Pejabat BPK

Kasus ini dilakukan oleh suami korban, Gatot Supiartono. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai auditor utama di Badan Pemeriksa Keuangan itu nekad menghabisi nyawa istri mudanya, Holly Anggela Hayu di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Gatot mengaku jengkel dengan ulah Holly yang terlalu banyak menuntut. Puncaknya adalah ketika ia diminta menceraikan istri pertamanya. Aksi pembunuhan itu tak dilakukan Gatot secara langsung. Ia menyuruh dua orang anak buahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper