#SAVEAHOK: Ahok Lebih Populer Dibandingkan KPK dan Jokowi di Twitter

#SAVEAHOK: Ahok Lebih Populer Dibandingkan KPK dan Jokowi di Twitter
Sutan Eries Adlin | 02 Maret 2015 05:22 WIB
Warga dengan membawa topeng berwajah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melakukan aksi damai bertajuk Lawan Begal APBD di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (1/3). Aksi tersebut sebagai wujud penggalangan dukungan menyelamatkan Ahok dalam hak angket DPRD DKI terkait dugaan adanya dana siluman pada APBD - Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ternyata lebih banyak dibicarakan di Twitter oleh penduduk sosial media itu dibandingka dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ramainya kicauan tentang Ahok salah satunya lewat #SaveAhok di Twitter terkait dengan perselisihan Gubernur DKI itu dengan DPRD menyangkut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI tahun 2015.

Kicauan tentang kisruh Ahok vs DPRD itu lebih banyak dibandingkan dengan KPK vs Polri yang terkait dengan pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan oleh Presiden Jokowi dan penetapan tersangka terhadap dua pimpinan KPK yang kini nonaktif; Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

Analis data Iwan Setyawan dalam akun Twitternya menyebutkan bahwa tanda pagar Save Ahok memiliki 79.467 kicauan, sementara #SaveKPK hanya 56.798 kicauan.

"Baru tahu, #SaveAhok lebih bergaung daripada #SaveKPK selama 30 hari kebelakang! - #SaveAhok : 79,467 tweets - #SaveKPK : 56,798 tweets," tulis pemilik akun @Iwan9S10A ini, Minggu (2/3/2015), pukul 12.21WIB.

Sebelumnya, penulis buku 9 Summers 10 Autumns ini juga menuliskan bahwa perbincangan tentang Ahok tersebut telah melejit di Twitter sejak Jumat (27/2).

"Perbicangan ttg Pak Ahok semakin ramai, dan sudah mencapai 73 ribu dalam 24 jam terakhir! #SaveAhok sendiri sudah mencapai 24 ribu!," tulisnya.

Bahkan, dari data hasil analisis Topsy yang ia unggah di akun Twitternya, untuk pertama kalinya perbincangan tentang Guburnur DKI Jakarta mengalahkan presiden Joko Widodo.

"Wah, perbincangan ttg Pak Ahok melejit di Twitter. Bahkan untuk pertama kalinya mengalahkan Pak Jokowi :)," kicaunya.

Mengutip data hasil analisis Topsy.com, selama periode satu bulan terakhir, 29 Januari--28 Februari, kicauan terkait Ahok atau #SaveAhok adalah 621.415 kali, sementara Jokowi 1.698.554 kali.

Sepanjang periode ini, kicauan pada Twitter untuk Presiden Jokowi selalu lebih banyak daripada Ahok.

Namun keadaan berbalik saat pada 25 Februari ketika ada gerakan masyarakat yang ingin melengserkan Ahok sebagai Gubernur Jakarta.

Dengan total kicauan 60.264 kali, pada 25 Februari tema tentang Ahok akhirnya melampaui topik kicauan tentang Jokowi yang hanya 43.083 dengan isu mafia beras.

Popularitas Ahok meroket pada hari berikutnya, 26 Februari, dengan total 115.660 tweet dengan tagar #SaveAhok.

Titik ini adalah popularitas tertinggi buat Ahok, meskipun topik Jokowi tetap lebih tinggi dari capaian ini pada 17 Februari, dengan bahasan kala itu Tim 9 meminta Jokowi membatalkan pelantikan Budi Gunawan (119.494 tweet). (Antara/Bisnis.com)

Sumber : Antara/Bisnis.com

Tag : ahok
Editor : Sutan Eries Adlin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top