Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Kalbe Farma: Dua Pasien Meninggal karena Buvanest Spinal. RS Siloam Langgar UU Rumah Sakit?

Komisi IX DPR menganggap manajemen RS Siloam Karawaci, Tangerang, berpotensi melanggar UU Rumah Sakit lantaran salah memberikan resep anestesi Buvanest Spinal yang ditarik PT Kalbe Farma Tbk, produsen obat itu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Komisi IX DPR menganggap manajemen RS Siloam Karawaci, Tangerang, berpotensi melanggar UU Rumah Sakit lantaran salah memberikan resep anestesi Buvanest Spinal yang ditarik PT Kalbe Farma Tbk, produsen obat itu.

Amelia Anggraini, anggota Komisi IX DPR RI, mengatakan dua pasien di RS Siloam itu meninggal dunia setelah pemberian obat anastesi Buvanest Spinal.

Dua pasien yang masing-masing melakukan operasi caesar dan urologi itu meninggal dalam waktu berdekatan pada 12 Februari 2015.

“Dalam kasus ini, ada dugaan kelalaian atau kecerobohan tim medis Siloam dalam menangani pasien, maka harus diperiksa secara hukum,” katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (17/2).

Menurutnya, Siloam berisiko melanggar UU No. 44/2009 tentang Rumah Sakit.

“Dalam beleid itu, hak pasien untuk memperoleh layanan kesehatan yang manusiawi, serta keselamatan pasien dalam mendapatkan layanan kesehatan dilindungi oleh UU,” ujarnya.

Atas kasus ini, Amelia akan menginisiasi kepada Komisi IX untuk meminta keterangan dari Kementerian Kesehatan, BPOM, dan Kalbe Farma.

“Kami akan dalami kasus meninggalnya dua pasien Siloam dan dugaan pelanggaran pemberian resep,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper