Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Pengendalian Inflasi Jabar Fokus Pacu Produksi Pangan

Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Jawa Barat akan fokus meningkatkan produksi komoditas penyumbang inflasi pada tahun ini untuk melanjutkan keberhasilan menekan tingkat inflasi di bawah nasional pada 2014.

Kabar24.com, BANDUNG—Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Jawa Barat akan fokus meningkatkan produksi komoditas penyumbang inflasi pada tahun ini untuk melanjutkan keberhasilan menekan tingkat inflasi di bawah nasional pada 2014.

Ketua Tim Teknis Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI) Jawa Barat mengatakan pengendalian pada sisi volatile foods lebih memungkinkan untuk dilakukan oleh 27 TPID kabupaten/kota di Jabar di tengah fluktuasi administered price terkait harga BBM.

“Penurunan harga BBM berpengaruh, tetapi hal yang lebih penting dilakukan pada 2014 dan menyambung tahun ini yaitu fokus ke persoalan hulu. Kami harus tetap menahan dan meningkatkan produksi supaya tidak berkurang,” ujarnya selepas high level meeting FKPI, Rabu (11/2).

Dia merinci beberapa komoditas penyumbang inflasi di wilayah Jawa Barat di antaranya harga sapi potong, cabai merah, dan bawah merah. Untuk mengatasinya, tahun lalu pihaknya bersama Bank Indonesia menggulirkan program klaster untuk komoditas tersebut.

Dia memandang dengan telah terbentuknya 27 TPID dari 27 kabupaten/kota yang ada di Tanah Priangan, upaya pengendalian inflasi yang dilakukan dapat lebih menyeluruh. “Yang terakhir itu nanti Kabupaten Sumedang yang akan diresmikan akhir Februari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper