Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banda Aceh Jajaki Kota Kembar dengan Vukovar, Kroasia

Pemkot Banda Aceh tengah menjajaki prospek kerja sama kota kembar (sister city) dengan Vukovar, Kroasia. Adapun, untuk memuluskan rencana tersebut, pemko menggelar pertemuan dengan Dubes Indonesia untuk Kroasia Agus Sardjana, Senin (9/2/2015).

Kabar24.com, BANDA ACEH--Pemkot Banda Aceh tengah menjajaki prospek kerja sama kota kembar (sister city) dengan Vukovar, Kroasia. Adapun, untuk memuluskan rencana tersebut, pemko menggelar pertemuan dengan Dubes Indonesia untuk Kroasia Agus Sardjana, Senin (9/2/2015).

Agus menuturkan, Banda Aceh dan Vukovar memiliki kesamaan yakni harus bangkit dari bencana dan perang saudara.

"Vukovar pernah luluh lantak akibat perang saudara pada 1990-an. Keduanya punya sejarah yang hampir sama, dan berhasil melakukan recovery," ucap Agus.

Agus menjelaskan kedua kota berpotensi menjalin kerja sama ekonomi sister city untuk transportasi air seperti kapal ferry, energi, manufaktur, dan pariwisata. Sektor lainnya adalah pendidikan dan olahraga. Dia mengklaim per tahunnya ada 4.000 turis Indonesia yang berkunjung Kroasia.

"Kerja sama sister city ini juga dapat membantu hubungan bilateral kedua negara," tambahnya.

Kepala Bidang Promosi Badan Investasi dan Promosi Aceh Netty Muharni menuturkan pada 2017 pemprov menargetkan Aceh menjadi tujuan investasi dunia. Saat ini investor di Aceh berasal dari Malaysia, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, dan India.

"Saat ini kami fokus untuk menerima investasi agroindustri, infrastruktur, dan energi, serta pariwisata," ucapnya.

Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal mengatakan tengah membangun kawasan wisata Ulee Lheue dan konsep waterfront city di Krueng Aceh. Adapun, menurut Illiza tata kota Banda Aceh dan Vokuvar mirip dengan sungai besar di tengah kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper