Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WALI KOTA BERPRESTASI DI DUNIA: Tri Rismaharini Peringkat 3

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menduduki peringkat ketiga atau second runner-up dalam daftar sepuluh teratas wali kota paling berprestasi pada 2014 versi World Mayor Prize (WMP).
Tri Rismaharini/Bisnis-Wahyu Darmawan
Tri Rismaharini/Bisnis-Wahyu Darmawan

Kabar24.com, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menduduki peringkat ketiga atau second runner-up dalam daftar sepuluh teratas wali kota paling berprestasi pada 2014 versi World Mayor Prize (WMP).

SIMAK: Ini yang Dikatakan Sperma soal Kesehatan Anda

Ajang penghargaan yang digelar dua tahun sekali ini diselenggarakan oleh City Mayor yang merupakan yayasan non-komersial bertaraf dunia. Adapun fokus yayasan yang didirikan pada 2003 tersebut yakni mendukung, mendorong, serta memfasilitasi pemerintah daerah di seluruh dunia dalam penerapan sistem pemerintahan yang baik.

Sebagaimana dilansir WMP pada Rabu (4/2/2015), nama Tri Rismaharini hanya berada di bawah Naheed Nenshi (Walikota Calgary – Kanada) yang berada di urutan pertama dan Daniel Termont (Walikota Ghent – Belgia) pada posisi kedua.

Berdasarkan daftar tersebut, Risma -sapaan Tri Rismaharini- mengungguli sederet kepala daerah negara lain, yakni Carloz Oscariz (Walikota Sucre – Venezuela); Jed Patrick Mabilog (Walikota Iloilo City – Filipina); Albrecht Schroter (Walikota Jena – Jerman); dan Annise Parker (Walikota Houston – AS). Juga, Yiannis Boutaris (Walikota Thessaloniki – Yunani); Giusy Nicolini (Walikota Lampedusa – Italia) serta Aziz Kocaoglu (Walikota Izmir – Turki).

Lahan

WMP dalam situs resminya mengatakan, Risma dikenal sebagai figur enerjik yang antusias mempromosikan kebijakan sosial, ekonomi dan lingkungan secara nasional maupun internasional. Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini juga dinilai berhasil memanfaatkan lahan tak terawat dan menyulapnya menjadi taman kota yang asri.

Saat ini terdapat sebelas taman kota berskala besar dengan berbagai tema, serta puluhan taman lainnya yang tiap hari dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi warga. Taman-taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas wi-fi, taman baca, dan area bermain.

Perhatian Risma akan kesehatan dan pendidikan juga diapresiasi WMP. Penyelenggaraan kesehatan gratis serta peningkatan kualitas puskesmas menjadi salah satu indikatornya. Di sektor edukasi, pada 2014 Pemkot Surabaya mengalokasikan 35 persen dari APBD-nya untuk pendidikan. Dalam website resminya, WMP juga memuat testimoni publik yang ditujukan kepada masing-masing walikota.

Ahmad M pada kolom typical tribute menulis, Risma menyadari bahwa posisinya sebagai wali kota adalah mandat dari Tuhan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dia menambahkan, pendidikan dan kesehatan gratis bagi warga Surabaya. Sementara, Ghinadhia P A asal Balikpapan memberi apresiasi tentang keberanian mantan Kepala Bappeko Surabaya tersebut menutup lokalisasi.

Dia menulis Tri Rismaharini harus menang World Mayor 2014 yakni karena Risma cukup berani menutup lokalisasi terbesar di Asia Tenggara, Dolly. Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Surabaya Ifron Hady Susanto, menyambut baik prestasi yang diraih Tri Rismaharini.

Menurut dia, kabar baik ini akan semakin meningkatkan reputasi Kota Surabaya di kancal global. Apalagi, reputasi menjadi hal yang teramat penting bagi suatu kota dalam era masyarakat ekonomi Asean  (MEA) yang mulai berlaku 2015.

Menurut Ifron, momen ini bisa juga memacu rasa percaya diri warga Surabaya bahwa kita sejatinya juga bisa bersaing dengan kota-kota lain di dunia. Hal senada disampaikan Kabag Humas M. Fikser. Dia berharap masyarakat, tidak hanya di Surabaya tapi juga seluruh Indonesia, merasa turut menikmati capaian prestasi ini.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan harus memunculkan rasa kebanggaan bahwa ini kemenangan warga Surabaya.

BACA JUGA:

TIPS KECANTIKAN: 10 Cara Bikin Kulit Cantik dalam 15 Menit

100 HARI JOKOWI-JK: Begini Reaksi Jokowi Ditanya Rapor Puan Maharani

 

 

 

 

 








Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper