Jokowi Minta Diplomat Fokus Pada Diplomasi Ekonomi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh diplomat yang bertugas di luar negeri fokus pada diplomasi ekonomi, agar dapat memperbaiki neraca perdagangan nasional yang masih defisit.n
Lili Sunardi | 02 Februari 2015 12:05 WIB
Presiden Joko Widodo tiba di pangkalan udara TNI AU Soewondo Medan, Sumatra Utara, Selasa (27/1/2015). - JIBI/Akhirul Anwar

Kabar24.com, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh diplomat yang bertugas di luar negeri fokus pada diplomasi ekonomi, agar dapat memperbaiki neraca perdagangan nasional yang masih defisit.

Presiden mengatakan neraca perdagangan nasional dapat menjadi surplus apabila seluruh diplomat mau mempromosikan produk dalam negeri. Pasalnya, selama ini porsi produk Indonesia di pasar internasional masih relatif kecil.

"Sebenarnya ada kesempatan produk dalam negeri masuk ke pasar internasional, karena harganya sangat kompetitif, produk kualitas atas ada, kualitas tengah juga ada," katanya di Jakarta, Senin (2/2/2015).

Jokowi menuturkan seluruh diplomat harus mau turun ke daerah, untuk mengetahui produk unggulan yang dapat dipasarkan. Dia mencontohkan produk garmen di tanah abang yang berasal dari usaha kecil, telah mampu menembus pasar Afrika hingga 2.000 kontainer per bulan.

Kurangnya promosi terhadap produk lokal juga membuat porsi produk kayu dan mebel dalam negeri baru sekitar US$1,8 miliar dari total pasar yang tersedia hingga US$480 miliar.

"Harusnya perwakilan di luar negeri itu mempromosikan produk dalam negeri, atau melakukan riset pasar di luar negeri agar produk nasional dapat masuk," ujarnya.

Selain itu, Presiden juga meminta diplomat juga harus mampu menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di dalam negeri. Pertumbuhan ekonomi memang dipengaruhi oleh investasi asing yang bersifat langsung, khususnya di sektor industri.

BACA JUGA:

Cara & Waktu yang Tepat Mendeteksi Sendiri Kanker Payudara

Ini Transkrip Video Pemenggalan Sandera Jepang

Cara & Waktu yang Tepat Mendeteksi Sendiri Kanker Payudara

Tag : jokowi presiden
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top