Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 10 Pemimpin Negara Terkaya Di Dunia

Di dunia, tidak sedikit kepala negara yang mmemiliki kekayaan besar. Bahkan, nama mereka, masuk dalam 10 besar pemimpin negara terkaya di dunia. Entah itu seorang raja ataupun seorang presiden. Nama seperti Vladimir Putin, pun masuk dalam jajaran itu bahkan jauh lebih kaya dari para raja di Arab. Berikut daftar 10 pemimpin negara di dunia.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  17:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia, tidak sedikit kepala negara yang mmemiliki kekayaan besar. Bahkan, nama mereka, masuk dalam 10 besar pemimpin negara terkaya di dunia. Entah itu seorang raja ataupun seorang presiden. Nama seperti Vladimir Putin, pun masuk dalam jajaran itu bahkan jauh lebih kaya dari para raja di Arab. Berikut daftar 10 pemimpin negara di dunia.

1. Vladimir Putin, Presiden Rusia - $40 miliar


Vladimir Putin telah menjadi Presiden Rusia sejak 2012, meskipun ia juga bertugas di pos itu dari 2000 sampai 2008. Meskipun pendapatan yang dilaporkan itu hanya$80.000, Putin dikatakan multi-miliarder karena sahamnya  dalam berbagai perusahaan Rusia. Dia memiliki beberapa rumah yang dibangun seolah-olah sebagai tempat tinggal resmi kepala
negara atau pemerintah. Salah satu di Praskoveevka dekat Laut Hitam, yang dikabarkan berbiaya  sekitar US$1 miliar.

2. Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand - $ 30 Miliar

Bhumibol Adulyadej adalah raja tercinta Thailand. Dia adalah kepala negara terpanjang saat ini  dan raja yang terlama  memerintah dalam  sejarah negaranya. Ia telah menjadi  Raja sejak 1946. Dia telah berkontribusi yang merebut  hati  masyarakat di berbagai sektor di Thailand. Dia
dianggap kerajaan terkaya di dunia.

3. Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei - $20 miliar

Nama lengkap Hassanal Bolkiah adalah Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa'adul Khairi Waddien.

Ia menjadi Sultan Brunei setelah pelepasan ayahnya pada  1967.  Dia memiliki salah satu koleksi mobil terbesar di dunia, dengan beberapa perusahaan membuat mobil baru eksklusif baginya. Dia bahkan memiliki sebuah Rolls Royce dilapisi dengan emas 24K.

 4. Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, Raja  Arab Saudi - $ 18 Miliar

Abdullah bin Abdulaziz Al Saud adalah raja ketiga terkaya di dunia. Dia menjadi Raja Arab Saudi pada  2005 setelah kematian adik tirinya Raja Fahd. Sebagai Raja Saudi, ia juga
Penjaga Dua Masjid Suci.

Di bawah rezimnya, negara itu secara perlahan-lahan  melakukan mereformasi, termasuk memungkinkan lebih banyak hak perempuan. Dia dikenal karena langsung  menanggapi setiap bencana internasional, seperti gempa 2008 di China dan Badai Katrina di New Orleans.

5. Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab - $ 15 miliar

Sebagai Emir Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed Al Nahyan juga Presiden Uni Emirat Arab. Dia mengambil alih sebagai Presiden pada  2004 setelah kematian ayahnya.

Dia adalah ketua Abu Dhabi Investment Authority. Keluarganya memiliki kekayaan yang diperkirakan lebih dari US$ 150 miliar. Dia dikenal untuk pekerjaan filantropis, membuat sumbangan untuk panti asuhan di Turkmenistan, rumah sakit di Amerika Serikat dan sekolah-sekolah di Wales.

6. -Mohammed bin Rashid Al Maktoum,Emir Dubai -US $4 miliar

-Maktoum, EmirDubai -US$4 miliar


Sebagai penguasa Dubai, Mohammed bin Rashid AlMaktoum juga otomatis Perdana Menteri
dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab.
Ia berkuasa pada  2006, menggantikan kakaknya
saudaranya Maktoum bin Rashid Al Maktoum.

Diamemiliki 99,67% dari Dubai Holding. Dia jugabertanggung jawab untuk pembangunan landmark sepertiPalm Islands, Burj Al Arab dan Burj Al  Khalifa. Total kekayaan keluarganya diperkirakansekitar US$44miliar.

7. Hans-Adam II, Pangeran Liechstenstein- US$4 miliar

Nama lengkapnya dapat sekali teguk: Johannes HansAdam Ferdinand Alois Josef Maria Marko d 'Aviano Pius von und zu Liechtenstein.

Dia memilikikelompok perbankan LGT. Keluarganya juga memiliki sebuahkoleksi karya seni. Ini  ditampilkan di Museum Liechtenstein  di Winauntuk dilihat masyarakat. Dia dianggap sebagairaja terkaya di seluruh Eropa. Dia memegangkekuasaan yang luas sebagai kepala negara, termasuk kemampuanuntuk memperkenalkan undang-undang dan kekuasaan untuk memveto undang-undangyang disahkan oleh parlemen.

8. Hamad bin Khalifa Al Thani, EmirQatar - $2,5 miliar

Penguasa Qatar ini berasal daridinasti Al Thani  yang mulai memerintah pada  1850 ketikaMuhammad bin Thani memerintah negara itu.  Keluarga itu  berasal dari salah satu suku terbesar diSemenanjung Arab disebut Banu Tamim. Emir itu   mulai berkuasa pada 1995 setelah deposingayahnya.

Dia adalah salah satu pendukung utamajaringan berita Al Jazeera, bahkan menyediakan US$137 juta pinjaman untuk membantuperusahaan dalamtahun pertama operasionalnya.  Emirini juga dikenal sebagaipenggemar sepak bolabesar, telah membuat tawaran untuk mengambil alihklub seperti Manchester United dan Rangers FC.

9. Mohammed VI, Raja Maroko - US$2,5miliar

Mohammed VI menjadi Raja Maroko pada 1999 setelah kematian ayahnya. Dia menarik banyak
perhatian setelah berjanji untuk menangani tiga  masalah  : kemiskinan, korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia.

Namun, ini masih harus diselesaikan,  sepertidibuktikan dengan protes luas pada  2011.Masalah korupsi juga menyebabkan dirinya mnejadi Raja. Dia memegang sejumlah besar saham di
Omnium Nord Africain, atau ONA Group, yang
memiliki investasi yang beragam di ritel, keuanganjasa, pertambangan dan sektor lainnya.

10. Sebastian Pinera, Presiden Chile - US$2,4miliar

 

Sebastian Pinera berkuasa pada 2010 setelah terpilih sebagai miliarder pertama yang dilantik sebagai Presiden Chile. Dia memiliki Chilevision,  saluran televisi terestrial yang disiarkan di seluruh  Chile.

Dia juga memiliki 27%   LAN Airlines  setelah membeli saham Scandinavian Airlines, bekas perusahaan negara  pada  1994. Dia juga memegang 13% saham  di Colo Colo, salah satu klub sepakbola paling populer di negara itu. Dia juga bertanggung jawab untuk memperkenalkan kartu kredit ke Chili pada tahun 70-an.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya musisi terkaya

Sumber : www.nairaland.com

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top