Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MASA JABATAN HABIS: 16 Plt Gubernur Disiapkan

Kementerian Dalam Negeri menyiapkan 16 pejabat untuk ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur untuk 16 provinsi seluruh Indonesia yang habis masa jabatannya tahun ini dan tahun depan.

Bisnis.com, PADANGKementerian Dalam Negeri menyiapkan 16 pejabat untuk ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur untuk 16 provinsi seluruh Indonesia yang habis masa jabatannya tahun ini dan tahun depan.Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan masih belum tuntasnya Perpu Pilkada membuat pemerintah menyiapkan langkah antisipasi dengan menyiapkan 16 pejabat eselon I di lingkungan Kemendagri untuk menjabat sementara.Ada sekitar 14 hingga 16 provinsi yang akan disiapkan plt [pelaksana tugas]-nya. "Kami sudah siapkan eselon I di lingkungan kementerian, atau bisa juga pejabat tingkat I [provinsi] yang eselonnya memenuhi syarat, seperti Sekda, katanya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatra Barat, Minggu (18/1/2015).Selain 16 kepala daerah tingkat I, pemerintah juga menyiapkan Plt untuk sekitar 204 kepala daerah tingkat II atau Bupati/Walikota yang akan habis masa jabatannya tahun ini.Namun, pelaksanaan pemilihan umum masih menunggu pembahasan Perpu di DPR, ujarnya.Tjahjo mengatakan Kemendagri dan pemerintah daerah sudah menyiapkan pelaksaan pilkada serentak. Sementara KPU mengusulkan opsi alternatif pilkada serentak diundur menjadi 2016. Tujuannya agar daerah dengan jadwal pilkada di tahun 2016 tidak harus menunggu pilkada serentak dua tahun berikutnya.Tetapi itu tergantung pembicaraan dengan DPR, katanya.Dia mengungkapkan DPR mempercepat pembahasan Perpu. Jika disetujui maka akan ada perbaikan yang dilakukan bersama termasuk dengan KPU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper