Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Indonesia Harus Siap Terhadap Bencana

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menilai proses membentuk budaya masyarakat yang tangguh dan siap siaga menghadapi bencana membutuhkan proses waktu yang panjang.
Bencana longsor Banjarnegara/Antara
Bencana longsor Banjarnegara/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menilai proses membentuk budaya masyarakat yang tangguh dan siap siaga menghadapi bencana membutuhkan proses waktu yang panjang.
 
“Dan merupakan lintas generasi serta yang paling utama adalah harus dilakukan secara terus menerus,” ujarnya, Senin(05/01).
 
Selain itu, risiko bencana harus menjadi investasi pembangunan disemua sektor. Tidak boleh ada ad hoc tetapi perlu komitmen tinggi dari pemerintah dan Pemerintah Daerah.
 
Sehingga trend peningkatan bencana di Indonesia terutama jumlah korban akan menurun seiring dengan peningkatan pengetahuan terhadap bencana dan karakter atau budaya masyarakat Indonesia yang siap siaga dan tangguh terhadap bencana.
 
Untuk itu pihaknya mengimbau kepada Pemerintah Daerah terutama untuk melakukan sosialisasi seperti penyebaran poster, leaflet dan peningkatan pendidikan kebencanaan perlu ditingkatkan kembali di segala jenjang pendidikan.
 
Dan dalam hal ini perlu komitmen politik dari pemerintah pusat dan daerah untuk bisa menyelamatkan masyarakatnya dari segala ancaman bencana.

Seperti bencana longsor di mana kurang lebih 40,9 juta jiwa masyarakat di Indonesia rerata tinggal di daerah yang rawan bencana longsor dari level sedang hingga tinggi.
 
“Dan ancaman bencana ini bisa saja terjadi dan kapan saja terjadi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper