Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selfie Dinobatkan Jadi Kata Terpopuler Tahun Ini

Institusi kelimuan Oxford Dictionary menjadikan kata 'selfie' sebagai kata terpopuler sejak pertengahan tahun lalu hingga tahun ini, dengan alasan stik selfie atau yang sering disebut tongsis (tongkat narsis) di Indonesia, merupakan benda utama yang paling dicari masyarakat.
Selfie /naijamayor.com
Selfie /naijamayor.com

Bisnis.com, SAN FRANSISCO - Institusi kelimuan Oxford Dictionary menjadikan kata 'selfie' sebagai kata terpopuler sejak pertengahan tahun lalu hingga tahun ini, dengan alasan stik selfie atau yang sering disebut tongsis (tongkat narsis) di Indonesia, merupakan benda utama yang paling dicari masyarakat.

Selama masa liburan beberapa pekan terakhir, toko-toko kamera, supermarket, bahkan toko obat/apotek di Amerika Serikat menjual tongsis. Para pedagang tidak ingin ketinggalan menyicipi cuan dari tingginya permintaan tongsis.

"Dulu kami jarang sekali menyetok tongsis. Tapi saat ini masyarakat gemar sekali melakukan selfie, sehingga tongsis amat memudahkan hobi mereka itu, ungkap Jirair Christianian, seorang pemilik toko kamera yang beroperasi di Colorado, Rabu (31/12/2014).

Jirair mencontohkan seperti hastag #selfiestick yang menjadi topik terpopuler (trending topic) di media sosial Twitter pada hari Natar, 25 Desember lalu. di Negeri Paman Sam, tongsis rata-rata dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu US$10 - US$30.

Adapun, selfie saat ini menjadi amat populer di dunia, sejak April lalu Presiden AS Barack Obama melakukan selfie, yang kemudian diikuti oleh sejumlah selebriti di karpet Oscar.

Andy Brennan, analis IBISWorld menyampaikan bahwa tongsis sebenarnya bukanlah produk baru. "Tongsis begitu populer sejak majalah terkemuka TIME menyebutnya sebagai penemuan terbaik tahun ini (best inventions of the year)," jelas Brennan.

Menurutnya, selfie tidak hhanya memenuhi kebutuhan hobi berfoto seseorang, namun juga menjawab kesulitan seseorang jika ingin beroto beramai-ramai dengan anggota keluarganya tanpa harus meminta bantuan pada orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper