Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TREN PERCERAIAN: Di Kota Malang, Sebagian Besar Pihak Istri Ajukan Gugatan Cerai

Dari total 2.617 kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kota Malang, Jawa Timur, sebanyak 1.552 perkara cerai (75%) diajukan oleh pihak istri.

Bisnis.com, JAKARTA - Dari total 2.617 kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kota Malang, Jawa Timur, sebanyak 1.552 perkara cerai (75%) diajukan oleh pihak istri.

"Dari total kasus itu, hanya 665 (25%) yang diajukan oleh pihak suami (cerai talak). Sedangkan 75% diajukan pihak istri," kata Kasdullah, panitera muda Pengadilan Agama Kota Malang.

Dia menjelaskan dari 2.617 perkara itu, yang sudah diputus pengadilan dan mempunyai kekuatan hukum tetap sebanyak 1.851 perkara dan rata-rata yang mengajukan perceraian ini adalah pasangan yang usianya antara 35 tahun hingga 40 tahun.

"Usia ini masih tergolong pasangan muda," katanya.

Sedangkan yang berhasil disatukan kembali (rujuk) melalui mediasi sebanyak 233 pasangan (8,52%).

"Berbagai upaya dan mediasi intensif yang dilakukan PA diharapkan mampu meminimalkan jumlah pasangan yang bercerai".

Namun demikian, lanjutnya, angka perceraian tahun ini masih lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 1.591 perkara, sehingga dalam kurun waktu satu tahun bertambah lebih dari 1.000 perkara.

Menurutnya, sebagian besar kasus perceraian disebabkan oleh dua faktor, yakni tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga dan masalah ekonomi.

"Sebenarnya, selain kedua faktor itu, masih ada faktor lain yang juga menjadi penyebab munculnya perceraian, yakni lingkungan dan perselingkuhan, baik di pihak istri maupun suami. Faktor ini memang tidak terlalu mendominasi," jelasnya. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper