Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Retribusi Tower Telekomunikasi di Kota Batu Nihil

Retribusi yang berasal dari tower di Kota Batu, Jawa Timur, minim kontribusi.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BATU - Retribusi yang berasal dari tower di Kota Batu, Jawa Timur, minim kontribusi.

Hal itu ditandai hingga November pembayaran retribusi dari sektor tersebut yang 0%.

Kepala Bidang Informasi, Telekomunikasi dan Desiminasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Batu, Imam Sutrisno, mengatakan biasanya pembayaran retribusi untuk tower yang di dalamnya diantaranya adalah seluler biasa dilakukan pada akhir tahun.

“Sehingga kondisi seperti ini relatif biasa terjadi. Namun begitu kami
akan melakukan aksi jemput bola dengan menagih ke operator pemilik tower yang diantaranya berada di Surabaya,” kata Imam, Jumat (28/11/2014).

Target retribusi tower pada 2014 dipatok sebesar Rp300 juta atau naik hampir 300% dari 2013 yang hanya sebesar Rp100 juta. Realisasi pada 2013 Dishubkominfo berhasil over target sebesar Rp108 juta.

Target diakui memang naik tiga kali lipat disbanding potensi yang diprediksi hanya sekitar Rp189 juta dari jumlah tower yang tercatat di Dishubkominfo sebanyak 48 tower.

“Setelah dilakukan survei lapangan jumlah tower ternyata mencapai 71 unit. Sekitar 23 tower diantaranya menempel di tower operator lain termasuk televisi dan radio dan belum masuk ke dalam data base kami,” jelas dia.

Diantara tower yang ikut bergabung tersebut milik sebuah operator seluler dan menyatu dengan tower radio di kota Batu. Dengan jumlah tower sebanyak itu maka potensi pendapatan retribusinya memang tidak sampai Rp300 juta.

Sehingga pihaknya pesimistis target yang dipatok sulit untuk terealisasi. Pihaknya berharap sewaktu target naik hendaknya didahului dengan kajian akademis terlebih dahulu berapa potensinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper