Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENTROK TNI VS BRIMOB DI BATAM: Sikap Menhan & KASAD Berbeda

TNI AD menjelaskan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Winston Simanjuntak belum diganti. TNI dan Polri masih menunggu hasil investigasi gabungan sebelum menjatuhkan sanksi atas peristiwa bentrokan di Batam.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - TNI AD menjelaskan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Winston Simanjuntak belum diganti. TNI dan Polri masih menunggu hasil investigasi gabungan sebelum menjatuhkan sanksi atas peristiwa bentrokan di Batam.

Kepala Staf TNI AD Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan TNI AD memang pernah memutasi beberapa pimpinan terkait bentrokan yang terjadi di Batam, termasuk Pangdam Bukit Barisan. Namun, pergantian tersebut dilakukan setelah peristiwa bentrokan September dan bukan pasca bentrokan November.

"Itu yang lalu, pada saat kejadian pada tanggal 21 September. Pangdamnya dimutasi, danremnya dimutasi. Begitu," kata Gatot di Istana Bogor, Jumat (28/11/2014).

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan TNI AD mengganti Pangdam Bukit Barisan dan Dandim 0316 Batam terkait bentrokan antara anggota TNI AD dan Polri di Batam.

Beberapa prajurit juga terancam terkena sanksi pemecatan akibat peristiwa tersebut.

Gatot menjelaskan saat ini tim investigasi bentrokan Batam masih bekerja. Dia tidak ingin mengambil tindakan kepada personel TNI AD sebelum menerima hasil laporan tim investigasi.

Adapun sanksi pemecatan, lanjutnya, hanya bisa diberikan melaui proses peradilan militer.

"Pemecatan itu harus berlandaskan dengan proses hukum. Tidak mungkin saya langsung pecat. Memangnya siapa saya?" kata Gatot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper