Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENHUT SITI NURBAYA: Selama Ini Penyelesaian Kebakaran Hutan Masih Setengah-Setengah

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memetakan penyelesaian persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara terintegrasi, agar permasalahan kabut asap tidak kembali terjadi.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memetakan penyelesaian persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara terintegrasi, agar permasalahan kabut asap tidak kembali terjadi.

Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan pemerintah harus mulai tegas dan konsisten menanggulangi karhutla di Riau. Pasalnya, insiden kabut asap yang setiap tahun melanda Riau telah mengakibatkan kerugian yang besar.

“Selama ini ternyata masyarakat menilai langkah pemerintah dalam menangani karhutla masih setengah-setengah, makanya pemerintah perlu lebih tegas dalam menyelesaikannya,” katanya di Pekanbaru, Selasa (18/11/2014).

Siti menuturkan pengawasan terhadap perilaku masyarakat dan perusahaan yang membuka lahan harus diperketat, karena hampir seluruh karhutla yang terjadi di Riau disebabkan oleh kelalaian manusia dalam mengelola lahan gambut.

Menurutnya, Unit Pelaksana Teknis Kehutanan di daerah juga harus secara aktif melakukan pengawasan di lapangan. Bahkan, dia juga meminta persoalan karhutla dimasukkan ke dalam kategori krisis, agar penanganannya dapat dilakukan dengan serius dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan perlunya pemanfaatan sumber daya alam secara tepat dan berkelanjutan. Dengan begitu, pengelolaannya dapat memberikan nilai tambah ekonomi tanpa harus merusak lingkungan.

“Salah satu yang akan kami kerjakan adalah petunjuk teknis mengenai pembuatan saluran air dalam pengelolaan gambut, agar lahan gambut tidak kering dan mudah terbakar,” ujarnya.

Sejumlah akademisi sebelumnya telah meminta pemerintah daerah memfasilitasi penggunaan teknologi ekohidro dalam pengelolaan lahan gambut secara berkelanjutan di lahan milik masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper