Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BBM Naik Jadi Rp8.500/Liter, KAMMI Siap Turun ke Jalan Hari Ini Gelar Aksi Penolakan

Pemerintah Jokowi-JK sudah mengumumkan keenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebuah ironi di tengah turunnya harga minyak dunia, bahkan harga minyak dunia turun ke level terendahnya dalam 4 tahun terakhir.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jokowi-JK sudah mengumumkan keenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebuah ironi di tengah turunnya harga minyak dunia, bahkan harga minyak dunia turun ke level terendahnya dalam 4 tahun terakhir.

Pemerintah beralasan bahwa subsidi BBM membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga terjadi defisit APBN.

Namun pemerintah tidak layak menyalahkan defisit APBN karena beban dari subsidi BBM saja, karena penyebab defisit APBN adalah penurunan target pendapatan negara yang tidak sebanding dengan kenaikan beban belanja negara, bukan hanya karena beban dari subsidi BBM.

"Maka kami berkesimpulan alasan itu mengada-ngada," kata Eko Wardaya Humas Indonesia Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Selasa (18/11/2014).

Dia menuturkan pemerintah pun kembali menuding bahwa subsidi BBM tidak tepat sasaran, karena dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Padahal dampak dari kenaikan harga BBM akan menimpa pada semua kalangan, terutama menengah ke bawah, bahkan saat harga BBM belum resmi dinaikkan hampir semua bahan pokok sudah merangkak naik.

Pemerintah tak juga berupaya untuk mencari langkah alternatif atau pun solusi lain, meski beberapa tawaran solusi sudah diberikan oleh beberapa menteri perekonomian terdahulu. Bahkan pemerintah mengakali dengan argumentasi mengalihkan subsidi ke sektor produktif.

Menurutnya, sikap pemerintah yang sedemikian rupa menunjukkan, bahwa pemerintah bukan hanya tak bekerja dengan baik, tapi juga membawa kebutuhan rakyat akan BBM pada persaingan bebas, di mana perusahaan minyak dunia kini banyak bercokol di tanah air. "Maka jelaslah bahwa Kabinet Kerja tengah dinaungi oleh neolib," tandasnya.

KAMMI sendiri memastikan akan turun ke jalan pada hari ini, Selasa (18/11/2014) menolak kenaikan BBM. Beberapa poin tuntutan antara lain, memaksa pemerintah JKW-JK mencabut kebijakan kenaikan harga BBM atau mundur dari jabatannya. Mengganti menteri-menteri setan neolib.

"KAMMI mengutuk kebijakan presiden atas kenaikan harga BBM. KAMMI menyerukan kepada seluruh elemen gerakan mahasiswa untuk turun ke jalan ambil alih mandat Presiden," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper