Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Walah...Pimpinan DPR Tandingan Dilantik Besok

Fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) akan melantik pimpinan DPR tandingan dalam rapat paripurna besok, Jumat (31/10/2014).

Bisnis.com, JAKARTA--Fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) akan melantik pimpinan DPR tandingan dalam rapat paripurna besok, Jumat (31/10/2014).

KIH menunjuk Pramono Anung sebagai Ketua DPR tandingan meski dalam politisi senior PDIP itu belum mengonfirmasi kesediaannya sebagai ketua.

Sedangkan wakilnya dipercayakan pada Patrice Rio Capella (Nasdem), Dossy Iskandar (Hanura), Abdul Kadir Karding (PKB), dan Syaifullah Tamliha (PPP).

Menurut politisi PDIP Aria Bima, pelantikan tersebut tetap memiliki legalitas karena didokumentasikan melalui akta notaris.

"Mengenai pelantikan pimpinan DPR, kita sepakat karena ini sebenarnya lebih pada political action maka legalitasnya kita siapkan dalam bentuk berita acara yang didokumenkan bersama notaris itu menjadi salah satu opsi," ujarnya di Gedung DPR, (30/10/2014).

Aria mengatakan pihaknya akan minta kesekjenan DPR untuk memfasilitasi KIH untuk menyelenggarakan rapat paripurna.

"Ini bukan untuk membuat DPR tandingan, tapi aksentuasi, merespon ketidakadilan, kekurangadilan, dan pelanggaran konstitusi pimpinan DPR dalam mejalankan tugas-tugas yang ada di dewan selama ini," ujarnya.

Sebelumnya KIH yang terdiri dari PDIP, PKB, Nasdem, dan Hanura menolak menyerahkan nama-nma anggota fraksi mereka untuk menjadi pimpinan DPR.

Akibatnya, Koalisi Merah Putih yang terdiri dari enam partai yang dimotori Partai Golkar mendominasi kepemimpinan di komisi dan Alat Kelengkapan Dewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper