Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pewaris Tunggal Grup Samsung Mulai Beraksi

Pewaris Samsung Group Jay Y. Lee mulai bergerak untuk mengakuisisi saham kecil di dua firma finansial milik grup terkaya di Korea Selatan itu.
Ilustrasi./Reuters
Ilustrasi./Reuters

Bisnis.com, SEOUL - Pewaris Samsung Group Jay Y. Lee mulai bergerak untuk mengakuisisi saham kecil di dua firma finansial milik grup terkaya di Korea Selatan itu.

Sejumlah analis menilai langkah tersebut akan membantu memperkuat kendali konglomerat terkuat di Korea Selatan, sekaligus sebagai ajang suksesi.

Berdasarkan pernyataan resmi, Lee akan membeli saham sekitar 0,1% dari Samsung Life Insurance Co Ltd dan Samsung Fire & Marine Insurance Co Ltd. Aksi tersebut merupakan aksi reinvestasi terhadap penjualan saham Samsung Asset Management Co Ltd ke pembelian saham Samsung Life pada tahun ini.

Meskipun kedua perusahaan telah berada di genggaman grup Samsung, kepemilikan langsung tersebut memungkinkan Lee untuk mengontrol secara resmi. Samsung Life juga berada di skema kepemilikan saham yang rumit, akan menjadi objek penting dalam aksi suksesi itu.

Sayangnya, Samsung menolak untuk berkomentar terhadap alasan Jay membeli saham kedua perusahaan keuangan.

“Saya rasa, kami melihat upaya Jay untuk kembali membangunkan rezim yang sempat tergoncang,” ungkap Chung Sun-sup, CEO Lembaga Riset Chaebul.com di Seoul, SElasa (28/10/2014)..

Sebelumnya, pemilik grup Samsung, Lee Kun-hee dilaporkan telah dirawat sejak Mei tahun ini akibat serangan jantung. Insiden tersebut memaksa pewaris resmi yaitu Jay Y. Lee yang merupakan satu-satunya anak laki-laki Lee Kun-hee untuk mengambil alih mahkota Samsung Electronics Co Ltd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper