Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Menteri Harus Tokoh Berkarakter Kedaerahan

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharusnya memilih para menteri yang memiliki karakter kedaerahan sehingga pembangunan nasional berjalan dengan baik.

Bisnis.com, JAKARTA--Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharusnya memilih para menteri yang memiliki karakter kedaerahan sehingga pembangunan nasional berjalan dengan baik.

"Memilih menteri itu persoalan karakter. Jokowi harus memilih calon menteri yang mempunyai karakter kedaerahan," ujar Adhie dalam satu diskusi di Gedung DPD, Jumat (24/10/2014).

Menurutnya, daerah-daerah harus mendapat perhatian dan hal itu akan sangat tergantung pada orientasi menterinya.

Dia menilai kalau menterinya, terutama menteri keuangan, berorientasi neoliberal maka akan sulit daerah mendapat perhatian.

Padahal, kemajuan satu bangsa akan terlihat dari kemajuan masyarakat daerahnya, ujarnya.  

Adhie juga menyayangkan terjadinya hiruk-pikuk politik dalam penentuan kabinet Jokowi-JK.

Selain maju-mundur dan tarik-menarik calon menteri yang cukup kuat, juga terjadi perubahan formasi nomenklatur kementerian itu sendiri yang membingungkan, ujarnya.

"Padahal, kalau mau sederhana tinggal melanjutkan kementerian yang ada. Dalam pemerintahan di dunia mana saja pada dasarnya hanya mencerminkan dua hal, yaitu politik dan ekonomi. Tapi untuk Indonesia, menurut Adhie, ditambah satu oleh Bung Karno, yaitu budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper