Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Takkan Dihambat Parlemen

Program-program pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla diyakini tidak akan mengalami hambatan di parlemen kendati dikuasai oleh Koalisi Merah Putih.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla  seusai dilantik MPR. /Reuters
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla seusai dilantik MPR. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Program-program pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla diyakini tidak akan mengalami hambatan di parlemen kendati dikuasai oleh Koalisi Merah Putih.

Saat ini komposisi pimpinan baik di DPR maupun MPR diisi oleh elit partai anggota Koalisi Merah Putih.
 
Pakar ekonomi dari Universitas Gadjah Mada Sri Adiningsih mengatakan apabila melihat pengalaman dari negara maju yang menerapkan sistem pemerintahan presidensial tidak ada jaminan pemerintahan akan selalu lancar jika didukung oleh parlemen.
 
"Menurut saya, selama program Jokowi-JK itu untuk rakyat dan bangsa serta dikomunikasikan dengan baik, maka rakyat akan mendukung," ucapnya di acara diskusi dengan Rotary Club Menteng, Selasa malam (21/10/2014).
 
Selain itu, visi misi Jokowi-JK dan pasangan rival pada pemilihan presiden 9 Juli Prabowo-Hatta dinilai memiliki kesamaan.
 
Oleh karena itu, akademisi yang masuk dalam bursa calon menteri ini menyatakan, apabila Jokowi-JK menjelaskan program pemerintah ke dewan, yang sebagian besar merupakan anggota koalisi pendukung Prabowo-Hatta, bahwa program mereka juga menjadi visi misi pasangan dengan nomor satu tersebut, tidak ada halangan berarti di parlemen.
 
"Program Prabowo-Hatta kalau diperhatikan hampir sama. Nanti dibawa saja ketika memjelaskan program di depan dewan kalau program tersebut juga menjadi visi misi Prabowo-Hatta," tutur Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper