Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI: Cak Imin Sambangi Istana Merdeka

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Hebat pendukung pemerintahan Jokowi-JK, menyambangi Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/10/2014)
Ketua Umum Muhaimin Iskandar/Bisnis
Ketua Umum Muhaimin Iskandar/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar  (Cak Imin) yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Hebat pendukung pemerintahan Jokowi-JK, menyambangi Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/10/2014)

Kedatangan Ketum PKB di Istana tidak diketahui oleh para juru warta, dan saat keluar dari Istana Merdeka, Muhaimin tidak menyampaikan penjelasan kepada jurnalis soal kedatangannya ke Istana.

Sebagaimana diketahui dalam media sosial twitter baru-baru ini, Muhaimin Iskandar menyatakan bawa dirinya lebih memilih untuk berkonsentrasi menjadi Ketum PKB.

Menurutnya,  hal itu dinilai merupakan langkah yang lebih baik bagi seseorang untuk tidak merangkap jabatan menteri dengan posisi di parpol.

Hal ini merupakan perubahan sikap karena pada September 2014, Muhaimin pernah menyatakan ketidaksetujuannya bahwa menteri yang akan duduk di kabinetnya harus melepas jabatan di parpol.

Ketika itu, ia menjamin apabila kader PKB terpilih menjadi menteri akan bekerja secara profesional dan tidak akan terlalu aktif di partai karena tidak dibebani tugas partai.

Menurut catatan Bisnis,  sejumlah petinggi partai pendukung pemerintahan seperti Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menyatakan pihaknya setuju jika menteri yang duduk di kabinet Jokowi-JK melepas jabatan di partainya.

Menurut Surya, hal tersebut merupakan proses pendidikan politik dalam menumbuhkan semangat baru dan revolusi mental.

"Itu sebuah prinsip kebijakan yang menurut nasdem itu hal yang baru. Ada proses pendidikan politik dalam menumbuhkan semangat baru, apa yg disebut dengan revolusi mental dan dimulai dengan keteladanan dari para pemimpin," kata Surya.

Hingga kini, berbagai pihak sedang menunggu Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper