Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EUFORIA PELANTIKAN JOKOWI-JK: Parkir Kendaraan Membludak, Aparat Keamanan Kewalahan

Berbeda dari acara pelantikan Presiden SBY lima tahun lalu, kepadatan kendaraan yang parkir di dalam kompleks dan sekitar Gedung Parlemen kali jauh melibihi kapastas parkir yang seharusnya.
 Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-JK/Bisnis
Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-JK/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Berbeda dari acara pelantikan Presiden SBY lima tahun lalu, kepadatan kendaraan yang parkir di dalam kompleks dan sekitar Gedung Parlemen kali jauh melibihi kapastas parkir yang seharusnya.

Dari pantauan di lapangan, menjelang dan beberapa menit setelah Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tiba di Senayan, masih banyak kendaraan yang berdatangan.

Kepadatan arus masuk kendaraan baik yang melalui gerbang depan maupun gerbang belakang membuat aparat keamanan tampak sibuk melakukan pemeriksaan. Sejumlah ajing pelacak pun ikut mengendus sejumlah kendaraan secara acak.

Dari plat nomor polisis terlihat sebagian merupakan tamu dari Kedutaan Besar, sedangkan sebagian lagi merupakan para kepala daerah dan para anggiota DPR yang datang terlambat. Sebagin dari pengunjung terpaksa beberapa kali memutar kendaraan mereka untuk mengikuti arah parkir yang penuh di setiap pojok.

Beberapa petugas bahkan memandu mereka untuk parkir di hotel Mulia maupun kantor Kemenpora dan sejumlah gedung terdeklat lainnya seperti Gedung Manggala Wanabhakti. Pertugas parkir dan aparat keamanan juga tampak kewalahan mengatur perparkiran akibat banyaknya jumlah pengunjung yang menggunakan bus.

Dari sisi pengamanan VVIP, Paspampres tampak melakukan pengamanan sangat ketat. Sejak pagi tidak semua orang bisa masuk ke area VVIP yang merupakan bagian ring I pengamanan.

Patroli aparat nampak berkeliling area tempat pelantikan yang sebagian terlihat menggunakan sepeda. Sebagian dari mereka menggunakan seragam resmi, namun sebagian tampak dengan pakain santai.

Sementara itu, di bagian luar ruang persidangan belasan kendaraan lapis baja milik TNI Polri disiagakan. Dua helikopter terlihat bersiaga di lapangan bola tepat di belakang gedung tempat pelantikan Jokowi-JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper