Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI JK: Puan Maharani Diklaim Layak Jadi Menteri

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari berpendapat Puan Maharani layak menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla karena mempunyai pengalamanan dan prestasi dalam bidang politik yang merepresentasikan parpolnya.
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/Bisnis
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari berpendapat Puan Maharani layak menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla karena mempunyai pengalamanan dan prestasi dalam bidang politik yang merepresentasikan parpolnya.

"Puan merepresentasikan partai, karena berposisi Ketua DPP Bidang Politik, di DPR juga menjabat sebagai ketua fraksi. Prestasi dan pengalamannya adalah terlibat langsung dalam dinamika politik partainya yang kemudian menempatkan PDIP sebagai partai penguasa,"  ujarnya, Minggu (19/10/2014).

Ia menjelaskan dari segi pengalaman politik Puan juga punya jaringan kuat karena sudah menjabat ketua fraksi sejak periode lalu. Kemudian, di jajaran pengurus partai dia juga memegang jabatan sentral di bidang politik.

"Menurut saya, Puan adalah politisi yang networking-nya cukup luas, baik latar belakang keluarga maupun pengalaman politiknya di DPR dan DPP. Saya kira untuk kategori politisi sudah cukup layak. Tak jauh beda ketika berbicara soal Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,"  tegas Qodari seperti dikutip Antara.

Berdasarkan catatan Bisnis, pengalaman Puan dalam politik antara lain dua kali pemilu selalu meraih BPP dan suara terbesar nasional. Puan juga menjadi ketua tim pemenangan Pilkada Gubernur Jawa Tengah.

Di tingkat nasional, Puan memimpin PDIP memenangkan pemilu legislatif sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif, serta berperan sebagai Ketua BP Pilpres PDIP.

Pada acara partai, Puan juga teruji karena beberapa kali menjadi ketua panitia dalam pelaksanaan perhelatan besar PDIP. Terkait dengan peluangnya di kabinet, nama Puan juga masuk dalam nama-nama yang dirilis oleh Indo Barometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper