Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Menteri ESDM Diminta Agar Bersih dari Kepentingan Mafia Migas

Pelantikan Jokowi-JK digelar pada Senin (20/10/2014). Tidak lama setelah dilantik, kemungkinan Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pelantikan Jokowi-JK digelar pada Senin (20/10/2014). Tidak lama setelah dilantik, kemungkinan Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya.

Selama ini, seluruh pihak menunggu formatur kabinet di bawah kepemimpinan Jokowi-JK.

Sektor ekonomi dan energi salah satu yang menjadi perhatian publik. Di sektor energi misalnya soal siapa Menteri ESDM, Dirut Pertamina, dan lainnya.

Apalagi, terkait dengan rencana penaikkan harga BBM bersubsidi dalam waktu dekat. Tentu dibutuhkan sosok-sosok Tim Energi handal, berintegritas dan terbebas dari kepentingan apapun.

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Pri Agung Rakhmanto menyarankan agar Jokowi memilih menteri yang memiliki integritas dan juga bebas kepentingan, terutama dari mafia migas.

“Dia juga harus mau kerja dan berani ambil keputusan,” tegasnya.

Menurut Pri Agung, selain menteri ESDM harus berintegritas, sejumlah posisi kunci di SKK Migas, Dirut Pertamina, dan direksinya, juga harus mau bekerja keras dan berintegritas.“Menteri kan selama ini paling cuma tanda tangan doang,” tandasnya.

Menurut Indo Barometer calon yang akan menjadi Menteri ESDM adalah Karen Agustiawan, Kuntoro Mangkusubroto, atau Evita Legowo. Ketiga nama itu diproyeksi bakal jadi Menteri ESDM di era Jokowi-JK.

Sementara itu, pengamat energi dari Pusat Studi Energi Universitas Gajah Mada (UGM) Fahmy Radhi justru menyarankan agar presiden terpilih Jokow Widodo untuk tidak mengambil menteri ESDM bekas pejabat BP Migas (SKK Migas) atau mantan pejabat Pertamina.

Untuk membuka berbagai permasalahan dan penyimpangan, maka harus dipastikan menteri ESDM baru tidak diisi oleh bekas pejabat BP Migas atau SKK Migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper