Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Umumkan Menteri Kabinet 21 Oktober

Presiden terpilih Joko Widodo akan mengumumkan nama menteri kabinetnya sehari pascapelantikan atau Selasa 21 Oktober 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo akan mengumumkan nama menteri kabinetnya sehari pascapelantikan atau Selasa 21 Oktober 2014.

Pada hari pertama menjabat presiden, Jokowi lebih dulu menemukan organisasinya tetapi belum ada namanya. "Saya harapkan tanggal 21 sudah bisa umumkan lah," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Sejauh ini Jokowi menetapkan 33 Kementerian dengan 4 Kementerian Koordinator. Arsitektur kabinet empat kemenko ini berbeda dengan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetapi Jokowi masih merahasiakan namanya.

Ia beralasan penambahan satu kemenko dalam kabinet diharapkan setiap kementerian bisa terkonsolidasi dengan baik terutama dalam hal pengawasan.

Namun efektif atau tidaknya penambahan kemenko ini juga tergantung sumber daya manusia di dalamnya.  

"Itu juga bergantung pada orangnya. Kalau dibuat menkonya 10 pun, kalau orangnya enggak punya kemampuan manajerial, manajemen, tidak mungkin [efektif]," jelasnya.

Jokowi tidak akan membocorkan nama kabinet maupun susunan menterinya sebelum pelantikan karena tidak etis.

Dia cuma sedikit membocorkan bahwa sejauh ini seleksi calon menteri sudah mengerucut pada satu nama di setiap pos kementerian. "Masih ada yang dua, masih ada yang tiga, ada yang sudah satu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper