Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aceh Selatan Bangun Pusat Pendidikan Alquran

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan berencana membangun pusat pendidikan Alquran pada tahun depan atau Madrasah Ummul Quran (MUQ). Adapun, seluruh pembangunan dibiayai oleh APBK 2015.

Bisnis.com, BANDA ACEH--Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan berencana membangun pusat pendidikan Alquran pada tahun depan atau Madrasah Ummul Quran (MUQ). Adapun, seluruh pembangunan dibiayai oleh APBK 2015.

Bupati Aceh Selatan Sama Indra menuturkan, pembangunan ini bertujuan memperkuat posisi Aceh Selatan sebagai daerah penegak syariat Islam, khususnya penyebarluasan pembelajaran Alquran.

"Pembangunan ini sebenarnya sudah lama menjadi keinginan masyarakat Aceh Selatan, tapi tidak kunjung terealisasi karena persoalan lokasi," ujar Sama, Senin (13/10/2014).

Lebih lanjut, Sama menyebutkan pembangunan MUQ sudah mendesak, karena selama ini kendati terkenal sebagai pusat pendidikan Islam, tapi pemkab masih harus mendatangkan qariah dari luar kabupaten untuk memperkuat tim MTQ tingkat provinsi.

"Kami memiliki banyak pesantren, tapi belum memiliki MUQ yang menunjang pendidikan tersebut. Ini memalukan," tuturnya lagi.

Sama memaparkan, MUQ akan dibangun di Gampong Lhok Bengkuang, dekat dengan SD Unggul.

Adapun, menyambut HUT ke-69 Aceh Selatan pada 28 Deember 2014, pemkab telah menyiapkan berbagai kegiatan dan perlombaan keagamaan. Asisten II Setdakab Aceh Selatan Said Azhar menyebutkan pusat kegiatan perayaan akan berada di Pala Indah, Gampong Pasar, Tapaktuan.

Untuk kegiataan keagamaan seperti zikir akan diadakan di Kotafajar, Kluet Utara. Beberapa acara di antaranya donor darah, gotong royong, dan berbagai kegiatan sosial. Selain itu, pemkab akan menghadirkan pameran 18 kecamatan dengan produk unggulan masing-masing.

"Ada juga kegiatan olahraga antar SKPK, fun bike, dan sepakbola," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper