Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

One Asia Resources Segera Eksploitasi Tambang Emas Gunung Pani

One Asia Resources Limited asal Australia menyiapkan dana sekitar US$150 juta untuk secepatnya melakukan eksploitasi tambang emas Gunung Pani, di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.
 Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - One Asia Resources Limited asal Australia menyiapkan dana sekitar US$150 juta untuk secepatnya melakukan eksploitasi tambang emas Gunung Pani, di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Andrian Rollke, chief executive officer One Asia Resources (OAR), menjelaskan dari hasil eksplorasi yang telah dilakukan sejak 2010, tambang emas Gunung Pani sangat atraktif dan sangat mungkin untuk dikembangkan ke tahap eksploitasi.

"OAR menggandeng KUD Dharma Tani dimulaisejak 2009 dan dikukuhkan lewat kerja sama eksplorasi di lapangan ?pada pertengahan 2012. Kami berharap proses perizinan untuk melakukan penambangan bisa segera terbit sehingga bisa secepatnya melakukan penambangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/10).

Dia menambahkan perusahaan  mulai melakukan persiapan pembangunan  awal 2012 dan resmi melakukan pengeboran untuk uji lapangan pada pertengahan 2012.

Perusahaan, ujar Andrian, berharap persetujuan prinsip dari pihak terkait untuk melakukan tahapan konstruksi menuju ke eksploitasi segera keluar, sehingga pekerjaan konstruksi bisa segera dilakukan di lapangan.

"Kami akan ikuti seluruh prosedur yang ada untuk bisa melakukan penambangan emas di Gunung Pani," katanya.

Adrian menyebutkan bahwa OAR telah memperoleh komitmen pinjaman dari Macquarie Bank Limited Australia senilai 150 juta dolar AS (sekitar Rp1,8 triliun dengan kurs Rp12.000 per dolar AS) untuk melakukan eksploitasi tambang emas di Gunung Pani.

Menurutnya, penambangan akan dimulai dengan skala kecil dan akan terus ditingkatkan sampai pada tahap produksi ideal di 150.000 ounce emas per tahun.

Sambil menunggu terbitnya perizinan untuk melakukan tahapan konstruksi penambangan, perusahaan akan menjalin berbagai kemitraan strategis dengan KUD sehingga bisa memberikan manfaat bagi seluruh anggota KUD.

"Kami komitmen untuk membantu koperasi bisa lebih maju dan berkembang sehingga berkontribusi dalam peningkatan taraf hidup anggotanya," katanya.

Sejumlah kerja sama telah dilakukan dalam penyediaan ?fasilitas yang mendukung warga Gunung Pani.

"Kini kami menunggu masukan dari KUD untuk kerja sama pengembangan lahan Jagung dan budidaya ikan air laut," katanya.

Selain menunggu program-program yang diajukan koperasi, tambahnya, pihaknya juga melakukan inisiatif pengembangan anggota koperasi.

"Intinya program yang melibatkan penduduk Pohuwato telah kita lakukan. Ke depan program akan lebih banyak lagi, bila izin tahapan konstruksi sudah terwujud," katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper