Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tunggu Akses Jalan Rampung, KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Pada 2025

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan Stasiun Karawang sudah dapat mulai beroperasi pada 2025.
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan Stasiun Karawang sudah dapat mulai beroperasi pada 2025.

Adapun, Stasiun Karawang menjadi satu-satunya titik perhentian Kereta Cepat WHOOSH yang belum dioperasikan untuk kegiatan naik dan turun penumpang.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan Stasiun Karawang belum beroperasi karena masih menunggu rampungnya pembangunan jalan akses menuju titik tersebut.

"Kita berharap 2025 sudah bisa beroperasi Stasiun Karawang. Untuk detail bulannya akan kita infokan lagi karena nanti bisa jadi lebih cepat, ataupun bisa terlambat sedikit. Kita berharap akan lebih cepat," kata Eva di Stasiun Karawang, dikutip Sabtu (27/4/2024).

Eva menjelaskan, rencananya akan ada tiga akses jalan menuju menuju stasiun Karawang. Pertama, tersambung dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai dari KM 42. Eva mengatakan, pembangunan akses jalan tol dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta PT Jasa Marga (Persero) Tbk. 

Kemudian, Stasiun Karawang juga akan memiliki akses dari Kawasan Trans Heksa Karawang (THK) dan dari Kota Deltamas. Pembangunan kedua akses ini akan dilakukan KCIC bersama dengan Deltamas selaku pengelola dua kawasan tersebut. 

Eva menuturkan, saat ini ketiga akses tersebut tengah berada dalam proses pembebasan lahan. Pembebasan lahan akses THK disebut sudah mencapai lebih dari 80% dan tinggal menyisakan beberapa rumah yang perlu dibebaskan. 

Di sisi lain, Eva memastikan dari sisi konstruksi Stasiun Karawang sudah selesai dibangun dan siap melayani penumpang. 

"[Stasiun Karawang] dioperasikan dalam konteks pengaturan operasional perjalanan kereta, kemudian perawatan itu sudah dilakukan juga. Hanya saja memang belum melayani naik turun penumpang," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Stasiun Kereta Cepat Karawang sudah dapat dioperasikan pada tahun ini. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal menuturkan, operasional Stasiun Karawang masih menunggu rampungnya pembangunan akses jalan menuju stasiun kereta cepat untuk mempermudah mobilitas masyarakat. 

Risal menyebut, Stasiun Karawang masih ditargetkan dapat beroperasi mulai tahun ini. Namun, dia tidak memperinci secara detail kapan stasiun tersebut akan dibuka untuk melayani pelanggan Kereta Cepat WHOOSH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper