Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HAJI 2014: Petugas Kesehatan Diminta Waspadai Ebola

Jamaah haji yang kini berada di Arab Saudi, akan segera kembali ke Tanah Air. Bagi perawat di rumah sakit dan petugas medis lainnya perlu mempersiapkan diri, dan meningkatkan kewaspadaannya bila ada pasien yang datang berobat.
 Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jamaah haji yang kini berada di Arab Saudi, akan segera kembali ke Tanah Air. Bagi perawat di rumah sakit dan petugas medis lainnya perlu mempersiapkan diri, dan meningkatkan kewaspadaannya bila ada pasien yang datang berobat.

Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan‎ mengatakan ada perawat di Spanyol yang tidak pernah ke Afrika, terserang sakit Ebola karena tertular pasien yang dirawatnya di Spanyol.

"Jadi, para petugas rumah sakit kita perlu pengetahuan tentang Ebola dan MERS-CoV," kata Tjandra di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Tjandra menuturkan bahwa dia hari ini baru saja memberi ceramah kepada para petugas kesehatan di RS Fatmawati, Jakarta.

"Dalam ceramah saya sampaikan a.l. pen‎yakit menular dapat tersebar melalui penerbangan internasional. Jadi, pada setiap pasien tanyakan riwayat perjalanannya," ujar Tjandra.

Menurut dia, ada konsep penularan terbatas, dan penularan berkelanjutan di masyarakat. Selain itu penyakit ini dapat menjadi wabah dunia (pandemi).

Mengenai Ebola, katanya, untuk pertama kalinya ditemukan kasus dan penularan di luar Afrika, bahkan pada negara maju dengan alat pelindung diri yang harusnya lengkap.

Kalau Ebola masuk ke suatu negara, harus dilakukan penanganan kesehatan masyarakat segera, agar tidak meluas di negara itu, seperti kejadian di Afrika. Sampai hari ini, belum ada kejadian Ebola pada jamaah haji dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper