Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIMPINAN MPR 2014-2019: Koalisi Merah Putih Menang, Berikut Hasil Lengkap Perolehan Suara

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akhirnya memilih Zulkifli Hasan sebagai ketua MPR dari Koalisi Merah Putih (KMP), mengalahkan Osman Sapta Odang yang diusung Koalisi Indonesia Hebat (KIH).
 Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) /Bisnis.com
Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akhirnya memilih Zulkifli Hasan sebagai ketua MPR dari Koalisi Merah Putih (KMP), mengalahkan Osman Sapta Odang yang diusung Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Ketika penghitungan suara belum selesai, Zulkifli Hasan bahkan langsung mendapatkan ucapan selamat dari anggota partai Koalisi Merah Putih.

Rapat paripurna anggota MPR yang berlangsung hingga Rabu (8/10/2014), pukul 04.25 WIB akhirnya memutuskan untuk memilih ketua MPR berdasarkan paket melalui pemungutan suara.

Sempat ricuh dan panas, rapat paripurna yang sedianya digelar pada Senin (6/10/2014), ditunda dan dilanjutkan pada Selasa (7/10/2014). Sebanyak 680 anggota MPR menentukan ketua melalui mekanisme voting.

Koalisi Indonesia Hebat sebagai pendukung Joko Widodo, mengajukan paket A yang terdiri dari anggota DPD Oesman Sapta Odang sebagai calon Ketua MPR periode 2014-2019.

Dia dampingi oleh calon wakil ketua MPR yakni Achmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Imam Nahrawi dari Fraksi PKB, Hazrul Azhar dari Fraksi PPP, dan Patrice Rio Cappela dari Fraksi Partai NasDem. Namun, Fraksi Partai Hanura tidak kebagian jatah pimpinan MPR.

Adapun dari Koalisi Merah Putih sebagai pendukung Prabowo Subianto saat Pilpres lalu, menagjukan paket B yang terdiri dari Zulkifli Hasan sebagai calon ketua MPR dari Fraksi PAN.

Dia didampingi oleh calon wakil ketua MPR yakni Mahyudin dari Fraksi Partai Golkar, EE Mangindaan dari Fraksi Partai Demokrat, Hidayat Nurwahid dari Fraksi PKS, dan Osman Sapta Odang dari DPD.

Jumlah masing-masing suara a.l Fraksi PDI Perjuangan (109), Fraksi Partai Golkar (91), Fraksi Partai Gerindera (73), Fraksi Partai Demokrat (61), Fraksi PKB (47), Fraksi PAN (49), Fraksi PKS (40), Fraksi PPP (39), Fraksi Partai Nasdem (35), Fraksi partai Hanura (16). Adapun anggota DPD terdiri dari 132 suara.

Berikut hasil lengkap pemungutan suara MPR:
Paket A: 330 suara
Paket B: 347 suara
Abstain: 1 suara
Suara Sah: 678 suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Nurbaiti
Sumber : MetroTV
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper