Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REPLIKA KAPAL CENG HO Akan Diongkar, Ini Penyebabnya

Pemerintah Kota Semarang menjadwalkan pembongkaran replika kapal Cheng Ho di depan Kelenteng Tay Kak Sie Semarang pada pertengahan Oktober 2014.
Pemkot Semarang tidak menyediakan lahan untuk pemindahan replika kapal itu. /bisnis.com
Pemkot Semarang tidak menyediakan lahan untuk pemindahan replika kapal itu. /bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang menjadwalkan pembongkaran replika kapal Cheng Ho di depan Kelenteng Tay Kak Sie Semarang pada pertengahan Oktober 2014.

"Pembongkaran (replika kapal Cheng Ho, red.) akan dilakukan 2 minggu lagi," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Semarang Endro Pudyo Martanto di Semarang, Rabu (1/10/2014).

Replika kapal Cheng Ho di depan Kelenteng Tay Kak Sie Semarang dipermasalahkan berbagai pihak karena keberadaannya yang di atas aliran Kali Semarang mengganggu sistem drainase dan aliran sungai.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, di antaranya Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air-Energi Sumber Daya Mineral (PSDA-ESDM) untuk pembongkaran tersebut.

Pembongkaran replika kapal Cheng Ho, kata dia, juga akan diiringi dengan penertiban bangunan-bangunan liar di bantaran Kali Semarang untuk mengoptimalkan aliran air sungai.

"Selama ini, pihak yayasan (Yayasan Tak Kak Sie, red.) tidak merespons untuk membongkar sendiri replika kapal itu. Padahal, kegiatan normalisasi sungai dilakukan Oktober ini," kata Endro.

Pembongkaran replika kapal Cheng Ho sudah dijadwalkan sejak dua bulan lalu, setelah Pemkot Semarang memberikan tenggat waktu yayasan untuk membongkar sendiri selambatnya akhir Agustus 2014.

Jika yayasan tidak membongkar sendiri hingga batas waktu yang ditentukan maka Pemkot Semarang yang akan membongkar, tetapi hingga akhir September 2014 ternyata tak kunjung dibongkar.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Trihananto mengatakan pembongkaran tentunya memerlukan persiapan dari segi waktu dan tenaga, apalagi diiringi normalisasi sungai oleh Dinas PSDA-ESDM.

Ia mengaku sudah menyerahkan surat rekomendasi pembongkaran replika kapal Cheng Ho kepada dinas terkait, termasuk pula diberikan kepada pihak yayasan sebagai pemberitahuan pembongkaran.

"Pemkot Semarang tidak menyediakan lahan untuk pemindahan replika kapal itu. Jadi, jika akan dipindahkan ke mana kami berikan kebebasan, misalnya dipindahkan ke kawasan Pantai Marina," katanya.

Meski tidak menyediakan lahan relokasi, Adi mengatakan Pemkot Semarang bersedia menjembatani antara pihak yayasan dengan pemilik atau pengelola lahan yang akan ditempati replika kapal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper