Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jawa Tengah Butuh 1.600 Dokter Gigi

Jawa Tengah masih kekurangan dokter gigi sebanyak 1.600 an orang, meski sebagian besar dokter gigi tersebar di pulau Jawa.
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 26 September 2014  |  12:41 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com,PURWOKERTO - Jawa Tengah masih kekurangan dokter gigi sebanyak 1.600 an orang, meski sebagian besar dokter gigi tersebar di pulau Jawa.

Jika melihat jumlah penduduk Jateng yang berjumlah sekitar 32 juta jiwa, daerah ini idealnya memiliki sekitar 3.200 dokter gigi, namun di wilayah ini baru memiliki sekitar 1.600 dokter gigi. Jadi daerah ini masih kekurangan 1.600 dokter gigi.

Kenyataan itu berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. Sebagai contoh berdasarkan data tahun 2007, dari sekitar 33,5% masyarakat Banyumas, Purwokerto yang memiliki masalah gigi dan mulut, hanya sekitar 22,1% menerima perawatan kesehatan gigi dan mulut dari tenaga medis.

Ketua Jurusan Kedokteran Gigi  FKIK Universitas Jenderal Soedirman, A. Haris BW mengatakan secara rasio, satu dokter gigi di daerah ini setidaknya harus melayani 19.000 pasien. Padahal Indikator Indonesia Sehat 2010 merekomendasikan satu dokter gigi melayani 10.000 pasien. 

"Sedangkan di Jawa Tengah, tenaga medis gigi masih kurang hampir separuh dari kebutuhan ideal sebanyak 3.200 dokter gigi," ujarnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dokter gigi
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top