Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Mahasiswa Bersaing di Olimpiade Sains Pertamina

Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di wilayah Jawa Tengah dan DIY bersaing dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) 2014, Kamis (25/9/2014).

Bisnis.com, SEMARANG–Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di wilayah Jawa Tengah dan DIY bersaing dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) 2014, Kamis (25/9/2014).

Di wilayah Jawa Tengah dan DIY, kegiatan dilaksanakan secara serentak di lima perguruan tinggi mitra yaitu Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,  Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

GM Marketing Operation Reg IV Subagjo Hari Moeljanto menyampaikan, OSN Pertamina sebagai sarana mencetak generasi yang handal dan berkontribusi bagi negara.

“Kami berharap melalui OSN ini, akan lahir individu-individu cemerlang,  yang berperan akif dalam pembangunan bangsa, memiliki kepekaan terhadap permasalahan bangsa, dan terus melatih diri untuk berkontribusi memberikan solusi,” ujar dia, Kamis.

Dekan Fakultas Sains Matematika Undip Muhammad Nur menyatakan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT. Pertamina atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Undip sebagai salah satu perguruan tinggi mitra penyelenggara kegiatan di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

OSN Pertamina 2014 merupakan program CSR Pertamina bidang  pendidikan, sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa.

Penyelenggaraan OSN Pertamina 2014 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesia yang handal dalam bidang sains, yang bertujuan untuk membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya berprestasi untuk kepentingan pembangunan bangsa, serta meningkatkan kepekaan generasi muda pada permasalahan bangsa dan melatih diri untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai masalah yang timbul di masyarakat dan daerahnya.

Penyelenggaraan OSN-Pertamina 2014 terdiri atas enam tahap antara lain sosialisasi dan koordinasi yang berupa audiensi antara Dikti dan Perguruan Tinggi Mitra serta kegiatan Rakornas yang melibatkan panitia pusat dan daerah.

Publikasi dan registrasi, yang dilakukan melalui website dan media sosial dimana registrasi peserta dilakukan secara online dan manual. Seleksi Tingkat Provinsi, atau babak penyisihan yang dilakukan serentak di 33 provinsi di Indonesia.

Seleksi Tingkat Nasional, atau babak final di Jakarta yang melibatkan para finalis beserta dosen pendampingnya. Penganugerahan hadiah, kepada para pemenang dan Perguruan Tinggi Mitra sekaligus sebagai acara penutupan OSN Pertamina 2014. Evaluasi OSN Pertamina 2014, yang dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper