Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerakan Pramuka Bisa Jadi Role Model Hidup Sehat

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan Gerakan Pramuka dapat didayagunakan dalam menyebarluaskan pemahaman hidup sehat, khususnya bagi kaum muda dan masyarakat.n
Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan Gerakan Pramuka dapat didayagunakan dalam menyebarluaskan pemahaman hidup sehat, khususnya bagi kaum muda dan masyarakat.
 
Menurut Menkes, peran Gerakan Pramuka dapat dijadikan role model bagi kaum muda dalam menjalani perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Termasuk mencitrakan kaum muda yang tidak merokok dan anti narkoba.
 
"Pramuka berkontribusi besar dalam keberhasilan program kesehatan, khususnya PHBS," kata Menkes yang juga Ketua Majelis Pembimbing Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada, usai memberikan penghargaan kepada 15 orang Pimpinan Saka Bakti Husada (SBH) Tingkat Nasional, Senin (22/9/2014) di Kantor Kemenkes Jakarta.
 
Dia mengatakan melalui penghargaan ini, diharapkan anggota SBH akan menjadi motivator, dan terus memajukan SBH dan Gerakan Pramuka.
 
"SBH juga menjadi kader kesehatan yang berperan dalam pendidikan sebaya, di lingkungan gugus depan, dan di berbagai lokasi di daerah," ungkapnya.
 
Anggota Pramuka SBH saat ini diperkirakan mencapai 600.000 orang (2,5%) dari seluruh anggota pramuka yang berjumlah 22 juta orang.
 
Menkes mengatakan tantangan SBH ke depan adalah memberikan keterampilan kepada para adik, yang berdampak menciptakan lapangan pekerjaan, serta berpotensi menjadi bekal hidup.
 
Dia menjelaskan tidak semua peserta didik mendapat kesempatan memperoleh pendidikan tinggi. Jika SBH bisa menciptakan lapangan pekerjaan, ini merupakan sumbangan untuk mengatasi pengangguran," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper