Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Majelis Agama Sepakat Tolak Pernikahan Beda Agama & Keyakinan

Majelis-majelis Agama Tingkat Pusat (MATP) bersepakat pernikahan beda agama harus disesuaikan menurut keyakinan dan ajaran agama masing-masing.

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis-majelis Agama Tingkat Pusat (MATP) bersepakat pernikahan beda agama harus disesuaikan menurut keyakinan dan ajaran agama masing-masing.

"Kami telah membuat kesepakatan di dalam MATP terkait perkawinan beda agama, jadi tidak usah dipermasalahan lagi," kata Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Slamet Effendy Yusuf, Jumat (12/9).

 

"Semuanya sudah jelas dan pada dasarnya disesuaikan menurut agama masing-masing".



Slamet mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat pada Jumat (12/9) dengan para majelis agama diantaranya MUI, PGI, PHDI, WALUBI dan MATAKIN.

Rapat MATP itu dihadiri oleh para pengurus majelis-majelis agama yang ada di Indonesia, berlangsung di Kantor Majelis Ulama Indonesia dimana ada enam orang dari MUI, satu orang dari PGI, KWI dan MATAKIN serta dua orang dari WALUBI dan PHDI.

Usai rapat tersebut, pihak MATP langsung menggelar konfrensi Pers di Aula Kantor MUI yang mengumumkan hasil kesepakatan terhadap kawin beda agama.

Dalam rapat itu, para majelis membuat tiga kesepakatan yakni perkawinan adalah peristiwa yang sakral oleh sebab itu pada dasarnya harus dilakukan sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

Selain itu, negara wajib mencatat perkawinan yang sudah disahkan oleh agama sesuai UU No 1 Tahun 1974 dan kewajiban negara untuk mencatat perkawinan yang ditetapkan oleh pengadilan dan dicatatkan di catatan sipil sesuai UU No 23 Tahun 2006 jo UU No 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.

"Semuanya sudah jelas dan pada dasarnya disesuaikan menurut agama masing-masing," kata mantan anggota DPR RI tersebut.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper