Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IBADAH HAJI: Keberangkatan 2 Calon Jamaah Haji Tertunda

Keberangkatan dua orang calon jamaah haji dari embarkasi Solo masih tertunda karena sakit.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BOYOLALI - Keberangkatan dua orang calon jamaah haji dari embarkasi Solo masih tertunda karena sakit.

Petugas Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Solo Badrusalam mengatakan dua orang calon jamaah tersebut berasal dari kloter 9 dan kloter 15.

Calon jamaah haji yang sakit harus menunggu kesehatannya membaik sebelum bisa berangkat ke Tanah Suci bersama kloter berikutnya.

“Dari kloter 15 kemarin, Ibu Masnih Masrun masih sakit. Nanti malam kloter 19 berangkat, tapi sampai sekarang Ibu Masnih [belum terdaftar di kloter 19],” katanya kepada Espos, Senin (8/9/2014).

Satu orang calon jamaah lain, Arif, berasal dari kloter 9 yang sudah berangkat sejak Kamis (4/9) pekan lalu. Kesehatan Arif sampai saat ini belum memadai untuk berangkat dengan calon jamaah lain ke Arab Saudi.

Proses pemberangkatan di embarkasi termasuk pemeriksaan kesehatan bagi seluruh calon jamaah, terutama bagi calon jamaah berisiko tinggi dan calon jamaah perempuan berusia subur.

Calon jamaah berisiko tinggi adalah calon jamaah yang berpotensi mengalami kenaikan kondisi sakit dan kematian selama perjalanan ibadah haji.

Golongan tersebut antara lain meliputi kelompok manula, penderita penyakit menular, perempuan hamil dan penderita penyakit kronis lainnya.

Calon jamaah haji yang hamil diizinkan menuju Tanah Suci jika berusia kehamilan 14–26 minggu saat berangkat dari embarkasi.

Petugas kesehatan di embarkasi berwenang menerbitkan surat layak terbang bagi calon jamaah haji yang tergolong berisiko tinggi.

Tanpa surat layak terbang tersebut, calon jamaah haji berisiko tinggi tidak bisa berangkat menuju Tanah Suci.

PPIH Solo pada Minggu memberangkatkan calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 15–18 embarkasi Solo. Para calon jamaah tersebut berasal dari Semarang dan Kabupaten Demak.

Asrama Haji Donohudan hari ini Senin (8/9) menerima kedatangan calon jamaah haji dari kloter 20—22 yang berasal dari Semarang dan Kabupaten Kendal.

Calon jamaah haji dari kloter 20 telah tiba sejak subuh di Boyolali, lebih awal dari jadwal kedatangan pukul 7.00 WIB, kloter 21 sampai tepat pada jadwal pukul 8.00 WIB, sedangkan kloter 22 tiba lebih awal 1 jam dari jadwal kedatangan pukul 15.00 WIB.

Pada Senin malam, calon jamaah haji kloter 19 dijadwalkan terbang dari Bandara Adi Soemarmo menuju Arab Saudi pada pukul 21.00. Adapun calon jamaah kloter 20 direncanakan berangkat pada pukul 01.55 WIB, Selasa dini hari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper