Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Telat, Perayaan HUT RI Berlangsung Semarak di Taiwan

Merayakan resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-69 di negeri orang belum lengkap tanpa budaya dan kesenian asli Indonesia. Di Taipei misalnya, Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taipei menghadirkan alat musik angklung untuk menyemarakkan perayaan istimewa itu.
Menteri Luar Negeri Taiwan David Lin mengaku terkesan atas seremonial HUT ke-69 RI. /bISNIS.COM
Menteri Luar Negeri Taiwan David Lin mengaku terkesan atas seremonial HUT ke-69 RI. /bISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Merayakan resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 RI di negeri orang belum lengkap tanpa budaya dan kesenian asli Indonesia. Di Taipei misalnya, Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taipei menghadirkan alat musik angklung untuk menyemarakkan perayaan istimewa itu.

Perayaan itu turut dihadiri Menteri Luar Negeri Taiwan David Lin, dan perwakilan negara ASEAN di Taipei seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, serta sejumlah perwakilan negara asing di Taipei.

Kepala KDEI Arif Fadillah mengaku bangga bisa mengenalkan angklung di tengah sahabat-sahabat dari berbagai negara ASEAN itu.

"Ini resepsi non-diplomatik sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-69 Kemerdekaan RI di Taipei (Taiwan)," ujarnya dalam keterangan resmi Kementerian Perdagangan yang dilansir Senin (1/9/2014).

Selain angklung, Arif Fadillah juga menghadirkan tarian Bali yang fenomenal. Para undangan berdecak kagum menyaksikan keindahan tarian khas Pulau Dewata itu. Resepsi yang dihelat 31 Agustus itu dimulai dengan pemotongan tumpeng hias secara khidmat.

"Kami lakukan seremonial tradisional Indonesia sebagai simbol kesejahteraan dan kemakmuran," ujar Arif.

Dalam sambutannya, Arif mengatakan hubungan perekonomian antara Indonesia dan Taiwan mengalami peningkatan nilai perdagangan dan investasi. Orang Indonesia di Taiwan juga tumbuh signifikan termasuk dalam hal pernikahan.

"Pada tahun ini, terdapat lebih dari 200.000 pekerja Indonesia yang berada di Taiwan, lebih dari 2.000 pelajar Indonesia menuntut ilmu di Taiwan, dan hingga tahun ini lebih dari 27.000 WNI menikah dengan warga Taiwan," tutur Arif.

Menteri Luar Negeri Taiwan David Lin mengaku terkesan atas seremonial HUT ke-69 RI. Dia menyatakan Negeri Khatulistiwa Indonesia dan Taiwan telah membangun hubungan yang semakin erat di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, agrikultur, dan pendidikan.

Hubungan perekonomian telah berkembang lebih kuat pada beberapa waktu terakhir. Lin juga meyakini bahwa kerjasama tersebut akan terus berlanjut dan meningkat di masa yang akan datang.

"Nilai investasi Taiwan di Indonesia saat ini sebesar US$15 miliar, yang menempatkannya menjadi 9 besar investor terbesar di Indonesia, yang di dalamnya terdapat 1.000 perusahaan Taiwan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper