Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NEWMONT MENGGUGAT: Duta Besar AS Temui Menko Perekonomian

Belum kelarnya polemik PT Newmont Nusa Tenggara membuat Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake turun tangan untuk meminta keterangan pemerintah terkait pemasalahan gugatan arbitrase yang dilayangkan perusahaan tersebut ke International Center for the Settlement of Investment Disputes (ICSID).

Bisnis.com, JAKARTA - Berlarut-larutnya kasus PT Newmont Nusa Tenggara mendorong Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake turun tangan untuk menemui Menko Perekonomian Chairul Tanjung terkait pemasalahan gugatan arbitrase yang dilayangkan Newmont ke International Center for the Settlement of Investment Disputes (ICSID).

Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan kedatangan Dubes AS untuk meminta keterangan terkait respons pemerintah jika perusahaan tambang asal AS itu mencabut gugatan tersebut.

“Dia [Dubes AS] bertanya, kalau mencabut gugatannya, apa dapat dipastikan bahwa masalah Newmont dapat diselesaikan?  Ya asal dicabut gugatannya kita akan senang hati duduk kembali bersama dan menyelesaikan perundingan,” katanya Kamis (21/8/2014).

Dalam pertemuan tersebut, Dubes AS berjanji akan mengajak dan meyakinkan pihak Newmont untuk mencabut gugatan arbitrase tersebut dan melanjutkan perundingan untuk mencapai kesepakatan terbaik.

Chairul pun menyambut baik dan menghargai inisiatif Pemerintah AS tersebut. “Wajar saja selagi tidak dilakukan intervensi-intervensi.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper