Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Buatan ITS Siap Tanding di Student Formula Japan 2014

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meluncurkan sebuah mobil yang diberi nama Sapu Angin Speed (SAS) II
Rektor ITS mengendarai Mobil SAS II/Bisnis.com
Rektor ITS mengendarai Mobil SAS II/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meluncurkan sebuah mobil yang diberi nama Sapu Angin Speed (SAS) II.

Mobil tersebut dirancang untuk diikutkan dalam kompetisi Student Formula Japan (SFJ) untuk mewakili Indonesia pada September 2014. SFJ merupakan kompetisi yang digelar Society of Automotive Engineers (SAE), dan ITS menjadi satu dari tiga wakil Indonesia.

Akhmad Ittang Anwarsyah, Manajer Tim ITS, mengatakan SAS II merupakan hasil penyempurnaan dari SAS I, generasi pertama yang sukses meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi serupa.

“Setelah berhasil perdana tahun lalu, kami melakukan berbagai pengembangan untuk mobil generasi kedua ini. Kami optimis mendapatkan lebih banyak gelar lagi tahun ini,’’ ujarnya dalam siaran pers, Minggu (17/8/2014).

Dia menambahkan, dalam kompetisi tersebut timnya menargetkan untuk meraih Best Performance (performa terbaik), sehingga berbagai persiapan pun telah dilakukan.

“Selama enam bulan kami terus mempersiapkan diri. Kami telah melakukan sepuluh kali test run yang dilakukan dengan berbagai kondisi dan cuaca,’’ tambahnya.

Akhmad mengatakan, dibandingkan dengan mobil SAS I, generasi kedua ini jauh lebih siap untuk ikut kompetisi karena tahun lalu SAS I hanya sempat dilakukan satu kali test run saja.

Mobil formula SAS II ini menggunakan mesin Husaberg 450 cc dengan tipe silinder tunggal. Mesin ini, kata Akhmad diimpor langsung dari Austria.

Jika dibandingkan dengan SAS I, mobil ini memiliki bobot 30% lebih ringan, sedangkan bodi mobil dibuat dari bahan Carbon Fiber with Joneycomb Frame.

Alief Wikarta, dosen pembimbing, menjelaskan bahwa ada 19 orang yang akan berangkat ke Jepang 31 Agustus 2014.

“Berharap agar SAS II ini mendapat lebih banyak lagi penghargaan pada ajang yang akan dihelat selama lima hari mulai Selasa (2/9),” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper